Komunikasi Persuasif dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Manfaat Bank Sampah Mutiara Madani Griya Bunga Asri Desa Cibadung Kecamatan Gunung Sindur Bogor

Authors

  • Rahmayanti Universitas Pamulang
  • Unik Desthiani Universitas Pamulang
  • Suwandi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pbs.v5i1.47247

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi persuasif, Bank sampah

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bekerja sama dengan Pengelola Bank Sampah Mutiara Madani yang berada di Perumahan Griya Bunga Asri Desa Cibadung RT 002.008, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalahmeningkatkan konsistensi melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat luas akan pentingnya menjaga kesehatan dengan pengolahan sampah yang tepat melalui sistem Bank Sampah. Metode yang digunakan dalam kegiatan iniadalah ceramah dan studi kasus.Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah: [1] Masih sangat minim partisipasi masyarakat terhadap kesadaran untuk mengelola sampah melalui Bank Sampah; [2] Masyarakat masih belum memahami pemilahan sampah, sehingga sampah seringkali masih tercampur antara sampah organik dan sampah anorganik.[3] Perlunya meningkatkan konsistensi melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat luas akan pentingnya menjaga kesehatan dengan pengolahan sampah yang tepat melalui sistem bank sampah.Pelaksanaankegiatan PKM dapat berjalan dengan baik dan lancarselama 3 (tiga) harisesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Berdasarkan beberapa permasalahan yang dikemukan di atas, adapun solusi permasalahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: [1] Memberikan komunikasi persuasif dalam menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat mengenai manfaat yang diperoleh melalui pengelolaan sampah yang tepat dan efektif melalui sistem Bank Sampah Mutiara Madani Griya Bunga Asri Desa Cibadung Kecamatan Gunung Sindur Bogor. [2] Meningkatkan pemahaman mengenai jenis sampah dan cara memilah sampah yang benar dan tepat kepada masyarakat melalui pelatihan dan penyuluhan tentunya dengan komunikasi yang persuasif. [3] Memberikan inovasi dan kreatifitas agar sampah-sampah yang dapat didaur ulang dapat menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi segingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini memberikan respon positif dari masyarakat untuk dapat terus berpartisipasi dalam kegiatan Bank Sampah yang memiliki manfaat baik untuk kebersamaan

Author Biographies

Rahmayanti, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Unik Desthiani, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

Suwandi, Universitas Pamulang

Prodi Administrasi Perkantoran D-III

References

Cangara, Hafied. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Effendy, Uchjana, Onong. (2019). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Cetakan ke-29. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Aditya. dkk. (2018). Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Bank Sampah Di Jakarta Selatan. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Vol. 8 No. 1 (April 2018): 7-14 https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpsl/article/view/16638/14087

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Pawit, M.Yusuf. (2015). Ilmu Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Putri, Milda dan Rusmadi Awza. (2022). Komounikasi Persuasif Bank Sampah Puri Berlian Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam Vol.9 No.2 (Juli-Desember) 2022 ISSN: 2355-7982|E-ISSN:2622-5115 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/komunika

Shahreza, Mirza, dkk. (2020). Komunikasi Lingkungan Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah Di Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 23 No. 2, Desember 2020: 113-128 ISSN: 1410-8291 | e-ISSN: 2460-0172 | http://bppkibandung.id/index.php/jpk

Soemirat, Soleh dan Asep Suryana. (2014). Komunikasi Persuasif Cetakan keenam. Banten: Universitas Terbuka

Suryana, Asep. (2019). Komunikasi Persuasif, Edisi Cet. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Suyanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Swarnawati, Aminah, dkk. (2023). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Kampanye Minim Sampah. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol. 7 No. 1 Juni 2023 pp. 77-88 P-ISSN 2549-0613, E ISSN 2615-7179

Syahputra, Iswandi. (2016). Ilmu Komunikasi: Tradisi, Perspektif dan Teori. Cet. I; Yogyakarta: Calpulis

Downloads

Published

2025-01-27