Pembuatan Minyak Wangi Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kelurahan Ciater pada Masa Pandemic

Authors

  • Meka Hajiah Universitas Pamulang
  • Galuh Diningrum2 Universitas Pamulang
  • Hanni Septiana Gunawan Universitas Pamulang
  • Resky Nurlita Universitas Pamulang
  • Susan Noviana Universitas Pamulang

Abstract

Pandemi Covid-19 hampir melumpuhkan seluruh kegiatan yang ada di seluruh Indonesia, khususnya ekonomi. Ekonomi nasional yang mengalami pertumbuhan negatif pada triwulan pertama dan kedua 2020 menjadi implikasi dari peristiwa tersebut. Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan terhadap perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi. Disamping itu program ini bertujuan untuk membentuk usaha bisnis yang berkelanjutan dan dapat membuat suatu inovasi pada produk parfum yang memiliki manfaat lebih dengan harga jual terjangkau diharapkan dapat menjadi sebuah ide kreatif guna meningkatkan perekonomian pada masa Pandemic. Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat mengenai pembuatan minyak wangi guna meningkatkan perekonomian di kelurahan Ciater di masa pandemic. Dilaksanakan dua tahap yaitu, tahap pemberian materi dan tahap kedua praktek pembuatan minyak wangi. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membantu ibu-ibu PKK untuk meningkatkan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19 seperti ini, sehingga kita dapat memberikan kretivitas dalam mengerjakan produk pembuatan Minyak Wangi yang dapat dijual dengan harga terjangkau, mudah dalam pembuatannya, mudah bahan bakunya dan mudah dalam pemasarannya. Materi  yang kami berikan yaitu praktek secara langsung untuk mengubah,dan menambah perekonomian ibu-ibu PKK dimasa Pandemi Covid-19.

 

Kata kunci: Minyak Wangi; Covid-19; Perekonomian masyarakat; Kelurahan Ciater

Author Biographies

Meka Hajiah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Galuh Diningrum2, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Hanni Septiana Gunawan, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Resky Nurlita, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Susan Noviana, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Suryani dkk.(2020). Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe: Produksi Minyak Sereh Wangi Sebagai Parfum Lokal Anti Bakteri Masyarakat Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Vol.4 No.1 ISSN: 2598-3954,C97-C101.

Anwar dkk.(2019). Jurnal ilmiah widya eksakta:Pemberdayaan Masyarakat Dalam Produksi Minyak Sereh Wangi Di Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Depok Jawa Barat, Vol.1 No.2 ISSN: 2338-8102,81-85.

Elfita,Hasanudin.& Lesbani,Albes.(2017). Jurnal Pengabdian Sriwijaya: Pembuatan Parfum dan Lotion Antinyamuk Dari Rumput Akar Wangi (Chrysopogon Zizanioides), 422-428. Dari Universitas Sriwijaya.

Rusli, M.S. 2010. Sukses Memproduksi Minyak Atsiri. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Nurdin, D.R., Iswandi, R.M., dan Yusria, W.O. 2017. Analisis Pemasaran Minyak Nilam dari Desa Karya Baru Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana. Jurnal Ilmiah Agribisnis, 2(1):19-23.

Imelda,Imelda (0152112)(2005). Peranan Pengembangan Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Parfum Pada PT.Senwell International-Jakarta. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha.

Cahyani, C., Nirwana, W.O. 2018. Pemberdayaan Kelompok Usaha Berbasis Minyak Atsiri di Desa Kesamben, Blitar. Journal of Innovation and Applied Technology, 4(1):595-600.

Downloads

Published

2021-09-16