Strategi Peningkatan Penjualan Parfum Melalui Sosial Media pada Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Ciater Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan berbagi pengalaman ilmu pengetahuan kepada masyarakat melalui kelembagaan untuk membantu pengembangan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam banyak bidang. Seperti yang kita ketahui, media sosial bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi dan bersosialisasi, melainkan dapat juga digunakan sebagai media berwirausaha. Adanya bisnis online di berbagai media sosial, yang menguntungkan bagi masyarakat. Terhitung sebagian besar masyarakat berbelanja lewat media sosial, karena menurut mereka berbelanja lewat sosial media itu mudah dan cepat, selain itu barang-barang yang ditawarkan tidak kalah dengan barang-barang yang di jual di pasar bebas. Oleh karena itu sebagian besar produsen menggunakan media sosial media untuk memasarkan produk mereka. Bagaimana peran media sosial dalam peningkatan nilai jual produk dan juga media sosial apa saja yang digunakan untuk memasarkan produk merupakan hal yang menjadi alasan pengabdian masyarakat ini diadakan, dengan tujuan untuk menjelaskan peran dan juga media sosial apa yang tepat digunakan untuk memasarkan produk. Dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu pemberian materi, praktek menggunakan media sosial itu sendiri dan terakhir evaluasi kembali apa yang telah disampaikan dengan memberi ruang kepada Ibu-ibu PKK untuk bertanya. hasil pengabdian kali ini dilakukan menurut persentase kehadiran para ibu-ibu PKK dikelurahan Ciater, kesungguhan dan hasil kegiatan, juga antusias dalam bertanya. Dari hasil ketiga aspek tersebut memperoleh hasil yang memuaskan, ibu-ibu PKK dikelurahan Ciater merasa puas dan sangat antusias terhadap kegiatan ini karena mendapatkan tambahan ilmu tentang bagaimana melakukan promosi penjualan parfum melalui media sosial. Untuk lebih meningkatkan daya jual produk parfum. Kita harus memperluas pengenalan sebuah produk. Agar lebih di kenal oleh masyarakat dengan cara memasarkannya melalui media sosial.
Kata Kunci: Sosial media ; bisnis online ; ekonomi masyarakat
References
Robith Adani, Muhammad (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis. Malang : Sekawan Media.
Sendari Anugrah, A. (2020). 10 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Reputasi.
Subekti, Alfan. (2019). Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Online?. Jakarta : Kompasiana.
Pengabdian Pada Masyarakat. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan(2018).
Amirul Huda, Fathkhan. (2017). Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Ceramah Bervariasi. Fathkhan web.id
Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya – Jakarta. Hal. 134-135
Putra. (2020). PENGERTIAN EVALUASI: Fungsi, Tujuan, Metode & Contoh Evaluasi. Salamadian.
Dewaweb Team. (2020). Menggunakan Media Sosial untuk Keperluan Bisnis. Jakarta: PT. Dewaweb.