Pengenalan Dunia Wirausaha pada Siswa Smk Muhammadiyah 3 Tangerang Selatan

Authors

  • Putri Ayu Aryani Universitas Pamulang
  • Feni Astri Yolanda Universitas Pamulang
  • Indah Mayasari Universitas Pamulang
  • Manat Arifing Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi serta meningkatkan pengetahuan masyarakat. Generasi muda merupakan penerus bangsa yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menciptakan generasi muda agar siap memasuki lapangan pekerjaan. Namun, terdapat peluang lain yang dapat diambil oleh para siswa SMK, salah satunya dengan berwirausaha agar kelak menjadi generasi yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Sasaran kegiatan Pengabdian (Mahasiswa) kepada Masyarakat tentang Pengenalan Dunia Wirausaha ini yaitu siswa/i SMK Muhammadiyah 3 Tangerang Selatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021. Program ini berisi tentang pengenalan dunia wirausaha, pengenalan peluang-peluang wirausaha, dan praktik pengemasan produk untuk dijual kembali. Hasil dari program ini yaitu meningkatnya minat siswa/i dalam berwirausaha. Pentingnya wirausaha bisa digunakan sebagai indikator keunggulan dan daya saing sebuah negara. Oleh karena itu, minat wirausaha harus selalu dikembangkan guna memperkaya pengalaman dan pengetahuan serta meningkatkan kreatifitas generasi muda.

 

Kata Kunci: Pengabdian; Wirausaha; Generasi muda

Author Biographies

Putri Ayu Aryani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Feni Astri Yolanda, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Indah Mayasari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Manat Arifing, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Adri, Muhamad, dkk. (2019). Digital Marketing sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa di Universitas Negeri Padang, 12(2), 68-76.

Hasanah, Nur. (2019). Analisis Mekanisme Dropshipper dan Reseller di Toko Online S3 Komputer Surabaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ridwan. (2020). Kemenkop dan UKM Dorong Generasi Muda Berkarya Kreatif dan Inovatif, https://www.industry.co.id/read/61095/kemenkop-dan-ukm-dorong-generasi-muda-berkarya-kreatif-dan-inovatif

Sahroni, dkk. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru pada Majelis Da’wah Al’Adni. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,1(2), 156-160.

Downloads

Published

2021-09-16