Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pot Tanaman

Authors

  • Yulia Rahayu Ningsih Universitas Pamulang
  • Fahri Ulul Azmi Azmi Universitas Pamulang
  • Sarah Sahab Universitas Pamulang
  • Wida Yuningsih Universitas Pamulang
  • Aura Damayanti Universitas Pamulang

Abstract

Pada hakikatnya, penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang ditujukan untuk Pengabdian Kepada Masyarakat. Penelitian ini mengangkat masalah penanganan limbah plastik yang dapat memberikan nilai tambah untuk dibuat dengan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup yang berupa pemanfaatan limbah plastik. Objek penelitian dilakukan di jalan Akasia RT 001/RW 012 Gang Hj. Toblo Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan observasional terhadap masalah dan peruntukan intervensi terhadap masalah yang diangkat. Secara lebih rinci, pendekatan pengelolaan limbah plasik dalam intervensi adalah botol plastik bekas dari minuman botol air mineral (seperti Aqua, Le Mineral, Nestle dan lain-lain). Cara intervensi dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) di jalan Akasia RT 001/RW 012 Gang Hj. Toblo Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 Maret 2021 dan dimulai pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya produk kreatif berupa Pot tanaman, yang memiliki memiliki nilai estetika.

 

Kata Kunci : Limbah Plastik; Produk kreatif; Nilai Estetika

Author Biographies

Yulia Rahayu Ningsih, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Fahri Ulul Azmi Azmi, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Sarah Sahab, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Wida Yuningsih, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Aura Damayanti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Aminudin. (2019). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) Jakarta . JURNAL ABDIMAS BSI , 66-79.

Hozairi, A. (2017). Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Air Mineral Sebagai Bahan Ukir Bertema Kehidupan Anak Jalanan . Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 19-26.

Nadlifatin, R. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sendang Dajah. Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 98-102.

Nur Alfi Hidayati, I. R. (2017). Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan . Prosiding Seminar Nasional Biology for Life , 35-37.

Selvie Diana, M. Z. (2017). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis Bagi Remaja Putus Sekolah . Jurnal Vokasi, 68-73.

Downloads

Published

2021-10-31