Penerapan Good Attitude dan Disiplin Waktu pada Anak Usia Dini di Saung Senja Suradita Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang
Abstract
Good attitude dan kedisiplinan waktu merupakan sikap yang penting untuk dibiasakan sejak dini. Namun permasalahannya ketika anak-anak menginjak masa remaja good attitude dan kedisiplinan waktu diri sudah mulai berkurang, padahal sikap tersebut bagian dari penanaman nilai-nilai karakter sehingga anak dapat mengatur dirinya sendiri. Metode pengabdian ini berupaya penyuluhan kepada anak-anak di Saung Senja Suradita berjumlah 20 peserta. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap good attitude dan kedisiplinan waktu, hal itu dapat dibuktikan dengan adanya perubahan dalam keseharian anak-anak setelah adanya kegiatan ini.
Kata Kunci: good attitude; disiplin waktu;Pendidikan anak usia dini
References
fkipuniska.ac.id (29 Desember 2018) Macam
Macam Metode Pembelajaran, Pengertian, Jenis, Dan Contohnya. Diakses pada 8 Maret 2021, dari https://fkipuniska.ac.id/macam-macam-metode-pembelajaran-pengertian-jenis-dan-contohnya/
misjuli.com (Februari 2015)
Popmama.com (16 Desember 2020) 5 Magic
Word yang Perlu Diajarkan pada Anak Sejak Dini. Diakses pada https://www-popmama com.cdn.ampproject.org/v/s/www.popmama.com/amp/kid/4-5-years-old/jemima/magic-word-yang-perlu-diajarkan-pada-anak-sejak-dini/
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan
Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1 Juni 2012.
Slamet Suyanto. 2012. Pendidikan Karakter
untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1 Juni 2012.
Nuraeni. 2014. Pendidikan Karakter Pada
Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2014. Sudaryanti. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik. Makalah dipresentasikan dalam Pengabdian Masyarakat yang diselenggrakan oleh Persekutuan Doa Keluarga Besar Kristen di Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman.
Ary Kristiyani. 2014. Implementasi
Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PG-TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3 Oktober 2014.
Darmiyati Zuchdi, dkk. 2015. Pendidikan
Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY