Sosialisasi Pengenalan Pajak dan Audit Pada Remaja Karang Taruna

Authors

  • Muhammad Agus kurniawan Universitas Pamulang
  • Febiyanti Febiyanti Universitas Pamulang
  • Hanifah Rahmi Universitas Pamulang
  • Sheirly Roselia Universitas Pamulang

Abstract

Di Indonesia aktivitas akuntansi mulai meningkat, maka permintaan jasa pajak dan audit untuk melakukan penilaian dan pemeriksaan mengalami peningkatan. Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengajak remaja karang taruna serta pengurus RT 006 RW 01 Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan manfaat di kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi tentang pajak dan audit, memberikan contoh yang mudah dimengerti, sesi tanya jawab sebelum akhir kegiatan, dan ditutup dengan sesi foto bersama anggota kelompok dan pemenang sesi tanya jawab. Hasil dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan pemahaman para remaja tentang pajak dan audit dan meningkatkan kesadaran pentingnya pajak dan audit bagi para remaja sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya adalah pengenalan dasar pajak dan audit sangat penting bagi para remaja dalam perkembangan zaman yang pesat ini sehingga para remaja memiliki pengetahuan dan kesadaran. Sarannya yaitu diperlukannya sosialisasi lebih lanjut untuk remaja karang taruna, sehingga dapat menambah tingkat pengetahuan umum remaja dengan harapan pengetahuan tersebut dapat di terapkan baik untuk kehidupan sehari-hari ataupun di sebarluaskan kembali kepada remaja  lainnya.

Kata kunci : pajak, Audit, remaja karang taruna

Author Biographies

Muhammad Agus kurniawan, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Febiyanti Febiyanti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Hanifah Rahmi, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Sheirly Roselia, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

As'ari, & Ghailina, N. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(6), 64-76.

Halim, A. (2018). Auditing 1. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Handayana, Y., Riantani, S., & Dyahrini, W. (2020). Pelatihan dan Pengetahuan tentang Perpajakan Secara Online Di Era Pandemi Covid 19. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, hal. 844-848.

Mory, S. (2015). Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Sosialisai Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi.

Sumodiningrat, G. (2011). Membangun Perekonomian Rakyat (2 ed.). Jakarta: IDEA.

Suprianto, E. (2011). Perpajakan Di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published

2022-04-15