Asyik Belajar Akuntansi untuk Mengelola Keuangan Milenial di Era Baru Bersama Anak Panti Asuhan Ar Ridho Tingkat Smp dan Smk
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi anak panti sebagai bekal pengetahuan agar bisa mengelola keuangan lebih baik dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan dengan membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Yayasan Panti Asuhan Ar-ridho Depok. Sasaran dari program pengabdian ini adalah tingkat SMP dan SMK sebanyak 25 (dua puluh lima) orang. Pelaksanaan dilakukan secara tatap muka (on the spot training) yang diawali dengan dilakukan observasi dan koordinasi dengan pengurus yayasan terkait dengan ketersediaan tempat, kesiapan anak panti asuhan serta pengurusan perizinan secara administratif dengan pengurus yayasan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PKM adalah sosialisasi dengan teknik penyuluhan dalam bentuk ceramah atau memaparkan materi menggunakan microsoft powerpoint berupa teori dan video animasi yang berkaitan dengan akuntansi dalam mengelola keuangan, serta di akhir penyampaian terdapat tanya jawab. Hasil pengabdian kepada siswa-siswi menjadi menambah pengetahuan, wawasan dan kreatifitas siswa-siswi SMP dan SMK. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan antusias, dibuktikan dengan komunikatif nya mereka selama kegiatan berlangsung serta bermanfaat bagi siswa-siswi.
Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan; Siswa Siswi SMP dan SMK; Pengabdian Kepada Masyarakat
References
Aulia, Y. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI GENERASI MILENIAL DI ERA NEW NORMAL. In D. F. Sayyidatul Khoiridah, merdeka berpikir “catatan harian pandemi covid-19†(pp. 153-157). Surabaya: Unitomo Press.
Azizah, N. S. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP PADA. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 92-101.
Ivantan, P. H. (2021). PENYULUHAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA SISWA SMK NEGERI 28 JAKARTA. PADMA (Pengabdian Dharma Masyarakat.
Krisnanda, I. M. (2020). Akuntansi Untuk Kehidupan Sehari-hari. Denpasar: https://www.kompasiana.com/krisnandanugraha/5ebaa044097f364582650843/bagaimana-akuntansi-membantu-kegiatan-sehari-hari-kita.
Pulungan, D. R. (2020). ANALISIS PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA YANG DIPENGARUHI OLEH LITERASI KEUANGAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 162-173.
Putu Aristya Adi Wasita, N. L. (2018, November 2). PENGELOLAAN KEUANGAN DI ERA MILENIAL BAGI SISWA SISWI DI SMA KRISTEN HARAPAN. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), pp. 197-202.
Sahara, N. (2019). OJK Paparkan 3 Hal Pengelolaan Keuangan Milenial. Jakarta: https://investor.id/finance/195606/ojk-paparkan-3-hal-pengelolaan-keuangan-milenial .