Tetap Produktif Juga Kreatif pada Masa Pandemi Covid 19, dan Meningkatkan Semangat Serta Kesadaran Menabung Sejak Dini dengan Membuat Kreatifitas Celengan Bertarget
Abstract
Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang yang tidak dipakai untuk disimpan sampai jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk dikelola atau dapat digunakan suatu saat tertentu di masa depan. Mengajarkan menabung kepada anak-anak memiliki tingkat kesulitan tersendiri, dikarenakan pola mereka setelah menerima uang akan langsung mereka habiskan dengan mudah. Selain itu, sejak virus Covid 19 mulai mewabah pemerintah menerapkan program PSBB, banyak orangtua yang mengeluh bahwa sekolah daring menyebabkan anak-anak mereka menjadi malas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang kebiasaan menabung sejak dini dan untuk mengajak mereka untuk tetap produktif dan kreatif di masa pandemi Covid 19 dengan membuat kreasi celengan bertarget. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan teknik penyuluhan berupa pemaparan materi terkait menabung, berkreasi membuat celengan bertarget, dan tanya jawab di awal dan akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini anak-anak jadi lebih memahami fungsi menabung dan termotivasi untuk menabung. Diharapkan dengan kegiatan ini anak-anak terhindar dari perilaku konsumtif dan terbiasa untuk menabung serta hidup hemat sejak kecil.
Kata Kunci: produktif dan kreatif; semangat dan kesadaran menabung sejak dini; celengan bertarget
Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang yang tidak dipakai untuk disimpan sampai jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk dikelola atau dapat digunakan suatu saat tertentu di masa depan. Mengajarkan menabung kepada anak-anak memiliki tingkat kesulitan tersendiri, dikarenakan pola mereka setelah menerima uang akan langsung mereka habiskan dengan mudah. Selain itu, sejak virus Covid 19 mulai mewabah pemerintah menerapkan program PSBB, banyak orangtua yang mengeluh bahwa sekolah daring menyebabkan anak-anak mereka menjadi malas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang kebiasaan menabung sejak dini dan untuk mengajak mereka untuk tetap produktif dan kreatif di masa pandemi Covid 19 dengan membuat kreasi celengan bertarget. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan teknik penyuluhan berupa pemaparan materi terkait menabung, berkreasi membuat celengan bertarget, dan tanya jawab di awal dan akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini anak-anak jadi lebih memahami fungsi menabung dan termotivasi untuk menabung. Diharapkan dengan kegiatan ini anak-anak terhindar dari perilaku konsumtif dan terbiasa untuk menabung serta hidup hemat sejak kecil.
Kata Kunci: produktif dan kreatif; semangat dan kesadaran menabung sejak dini; celengan bertarget
References
Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(1), 5–11.
Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063
Laili, J., & & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan, 4(1), 54–57.
Linawati, N. (2015). Penanaman Jiwa Bijak Mengelola Uang Pada Siswa Paud Kelurahan Siwalankerto Surabaya Melalui Kegiatan Service Learning Mata Kuliah Personal Finance. SHARE “SHaring - Action - REflection,†3(1), 9–13. https://doi.org/10.9744/share.3.1.9-13
Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan menabung sejak dini di rowosari. Pengabdian Vokasi, 01(01), 27–32.
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 296–301.
Supiani, S., Rahmat, F., & Budiman, F. (2021). Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Al-Bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 49. https://doi.org/10.31958/ab.v1i1.2618
Wardani, D. K., & Qomariah, U. K. N. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Menabung Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus : Siswa SDN di Kabupaten Jombang). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 2(2), 92–98.