Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas Anak Panti Asuhan Yayasan Rumah Yatim & Dhuafa Al-Jannah dengan Kreasi Menghias Menggunakan Biji Kacang Hijau
Abstract
Pandemi Covid-19 yang berawal dari tahun 2020 sampai sekarang telah menyebar sampai belahan dunia. Adanya pandemi ini sejumlah negara melakukan tindakan lockdown yaitu membatasi atau menutup akses yang menyebabkan institusi seperti sekolah, perkantoran, rumah sakit, mall, dan yang lainnya harus ditutup sementara. Di Indonesia pun juga melakukan tindakan untuk mencegah Covid-19 dengan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang membatasi aktivitas masyarakat dalam bidang pendidikan, pekerjaan dan aktivitas luar lainnya. Dalam hal ini pun juga sangat berdampak pada aktivitas sekolah yang mengakibatkan sejumlah sekolah harus belajar melalui online atau jarak jauh. Kendala atau pemasalahan anak dalam belajar online pun ternyata mempunyai dampak tersendiri yaitu anak-anak mengalami kesulitan memahami materi, kurangnya sosial, turunnya produktivitas dan kurangnya berkreativitas. Penurunan produktivitas dan kreativitas pada anak menyebabkan anak-anak menjadi mudah jenuh atau merasa bosan yang cenderung hanya berdiam diri. Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Pamulang dengan memberikan pelatihan tingkat produktivitas dan kreativitas dengan kreasi menghias menggunakan biji kacang hijau dapat membantu anak untuk belajar dalam konsentrasi, melatih motorik anak dan kecerdasan pada anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Yayasan Rumah Yatim & Dhuafa Al-Jannah Bampu Apus, Pamulang.
Kata Kunci: Produktivitas, Kreativitas, Menghias
References
Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Playdough. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 3(1), 28-36.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200.
Yuliati, I. (2017). 6. Penggunaan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL WAHANA PENDIDI KAN DASAR, 6(1), 80-100. https: //www.ejournal-unipra.com/index.php /JWPD/article/view/44/49
Mulyati, S. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 2(02), 124-129.
Destiana, D. (2018). Kreasi Kolase Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10501/6487
Imaniyah, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Mengguna kan Bahan Alam Pada Siswa Kelompok B Di Pgtk Interaktif Harum Mulia Karanganom Klaten Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Universita s Muhammadiyah Surakarta).
Prasusilantari, R. (2019). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Menggunakan Teknik Kolase Pada Kelompok B Di Tk Islam Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissert ation, IAIN SALATIGA).
Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22-27.