Meningkatkan Semangat Belajar dan Kreativitas Anak Dimasa Pandemi

Authors

  • Chairunnisa Chairunnisa Universitas Pamulang
  • Eris Risnawati Universitas Pamulang
  • Putri Ayu Wijayanti Universitas Pamulang

Abstract

Semangat belajar merupakan segala usaha dalam diri sendiri yang dapat menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin keberlangsungan kegiatan belajar serta memberikan arah kegiatan belajar sehingga dapat tercapainya tujuan. Kreativitas merupakan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain. Hal ini sesuai dengan konsep pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Di masa pandemi seperti ini, kita mengetahui bahwa akan terjadi kejenuhan dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara online sehingga semangat dalam belajar menurun. Untuk itu pembelajaran yang saat ini tidak dapat dilakukan secara tatap muka langsung, mengharuskan siswa untuk belajar mandiri di rumah. Akibatnya siswa kerap merasa bosan dan kehilangan semangat dalam belajar. Rasa malas kerap dirasakan oleh para siswa karena harus belajar secara mandiri tanpa pengawasan yang ketat seperti pada saat pembelajaran di sekolah. Hal ini tentu akan sangat tidak baik sementara masa pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir. Sebelum pandemi anak-anak dapat bebas mengekspresikan kreativitasnya di lingkungan sekolah, sehingga anak-anak dengan mudah mendapatkan ide dalam menghasilkan kreativitasnya. Tujuan umum dari Kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat ini adalah secara tidak langsung dapat membantu dan memberikan arahan mengenai edukasi pendidikan yang diharapkan anak-anak dapat meningkatkan daya pikir dengan kreativitas yang dimilikinya. Metode pengabdian kami dalam menyampaikan materi kepada anak-anak dikemas dalam bentuk mini seminar. Hasil dari kegiatan P(M)kM yang dilakukan pada anak-anak usia dini adalah mereka mulai terbuka mengenai cara meningkatkan semangat belajar dan kreativitas dimasa pandemi. Mereka menyadari selama pandemi banyak hal yang dapat mengasah kemampuan mereka sehingga peserta bisa meningkatkan kreativitasnya agar mereka tidak merasa bosan ketika berada dirumah.

 

Kata Kunci: Semangat Belajar; Kreativita; Masa Pandemi

Author Biographies

Chairunnisa Chairunnisa, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Eris Risnawati, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Putri Ayu Wijayanti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Anonim. (2021). Tips Meningkatkan Semangat Belajar Di Masa Pandemi. luwuk timur: mpnegriluwuktimur.

Harnani, S. (2020, Juli 7). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Diambil kembali dari bdkjakarta kemang: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Lallo. (2017, Januari 18). Pengertian Belajar dan Hakikat Belajar. Diambil kembali dari lpmpsulteng: http://lpmpsulteng.kemdikbud.go.id/index.php/2017/01/18/pengertian-belajar-dan-hakikat-belajar/

Mustapa, R. (2021, OKTOBER 28). Belajar Sejarah Asik Membuat Info Grafis. Diambil kembali dari guraru: https://guraru.org/guru-berbagi/belajar-sejarah-asyik-membuat-infografis/

Ngalimun, & dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Solikha, N. (2019, oktober 6). 11 cara mengajarkan anak berfikir kreatif sejak dini. Diambil kembali dari indonesianfree: https://www.indonesianfree.com/inspirasi/family-and-kids/cara-mendidik-anak-agar-kreatif

Waspodo, S. (2019, Januari 14). Motivasi dan Semangat- Hubungan dan Perbedaan. Diambil kembali dari kompasiana: https://www.kompasiana.com/sontoloyo10521/5c3c4e73bde5755137605ce5/motivasi-dan-semangat-hubungan-dan-perbedaanya

Zujajah, K. (2020, Juni 22). 10 Cara sederhana Asah Kreatifitas Anak . Diambil kembali dari reakrertive: https://rekreartive.com/asah-kreativitas-anak-dengan-10-cara-sederhana-berikut-ini/

Downloads

Published

2022-04-15