Menumbuhkan Minat Menabung Dan Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

Authors

  • Winanjar Eka Sari Universitas Pamulang
  • Pratiwi Suryaningrum Universitas Pamulang
  • Nurmaidah Nurmaidah Universitas Pamulang

Abstract

Rendahnya minat menabung pada masyarakat sangat dirasakan pada masa pandemi saat ini, sehingga memberikan tekanan ekonomi yang berat bagi masyarakat yang terdapak, bagi masyarakat yang tidak mempunyai dana darurat akan merasa kesulitan beradaptasi dengan perubahan ekonomi saat ini, masyarakat harus mengurangi pengeluaran untuk mempersiapkan hal-hal yang lebih buruk akan terjadi akibat pelemahan ekonomi, hal ini juga dibutuhkan perencanaan yang baik untuk mengatur keuangan. Hilangnya minat menabung pada masyarakat juga disebabkan oleh hilangnya kebiasaan menabung sejak usia kanak-kanak. Tujuan dari adanya pengabdian kepada masyarakat ini untuk memperbaiki dan mencari solusi dari persoalan dalam menumbuhkan minat menabung dan mengatur keuangan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara penyampaian materi melalui slide show powerpoint, dengan memberi motivasi untuk anak-anak agar berlatih berhemat dengan cara menabung sehingga dengan menabung mereka dapat  melakukan suatu tindakan tertentu guna mencapai tujuan di masa depan. Dapat disimpulkan dari hasil pemaparan materi kepada anak-anak telah meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya menabung sejak dini, sehingga anak-anak diharapkan mampu menumbuhkan kembali kebiasaan menabung pada generasi muda Indonesia selanjutnya yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Kata Kunci: Minat Menabung, Mengatur Keuangan, Gerakan Menabung, Sosialisasi Menabung, Penyuluhan Menabung.

Author Biographies

Winanjar Eka Sari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Pratiwi Suryaningrum, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Nurmaidah Nurmaidah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan Menabung Sejak Dini Di Rowosari (Vol. 01, Issue 01). https://www.finansialku.com/ayo-menabung-demi-meningkatkan-

Murtani, A. (2019). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019 STMIK Pontianak (Vol. 29).

Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini (Vol. 1, Issue 1).

Rahel, O., Kandowangko, N., & Lasut, J. J. (2020). Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi (Vol. 13, Issue 2).

Romlah Abd Gani, A., & Fiska Soviah, O. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat E-ISSN: 2714-6286 Penyuluhan Membangun Kesadaran Menabung Sejak Dini Pada Siswa Sdn 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Sari, D. E. (2019). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Untuk Warga ‘Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 88.

https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694

Umbara, C., Kumalasari, N., Amalia, R., & Sudarman, N. (2021). Membangun Budaya Menabung Sejak Usia Remaja (Vol. 1, Issue 1).

Yanuarsari, R., Suhendraya Muchtar, H., & Rosdiana, N. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mensosialisasikan Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Kepodang Kota Bandung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uninus.

Downloads

Published

2022-04-15