Upaya Pengalihan Perhatian Anak Terhadap Gadget Ke Permainan Tradisional Indonesia

Authors

  • Anes Chairuni Siregar Universitas Pamulang
  • Kristin Natalia Universitas Pamulang
  • Novi Mulyani Universitas Pamulang
  • Sarma Pratiwi Ondy Universitas Pamulang

Abstract

Gadget begitu lekat pada kehidupan di era Modern saat ini dalam tingkatan usia baik bagi orang dewasa, remaja, sampai anak-anak. Saat ini bermunculan permainan modern seperti vidio game dan virtual game yang mengikis permainan tradisional. Banyak anak-anak yang belajar menggunakan gadget tanpa pengawasan langsung dari orang tua hal ini akan disalahgunakan oleh anak- anak sehingga terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti bermain game dan menonton hal-hal diluar kewajaran pada usia mereka ini akan menimbulkan dampak negativ diantaranya akan mengakibatkan aktifitas menulis dan membacanya turun karena gadget jauh lebih menarik bagi mereka untuk dilihat atau dimainkan selain itu gadget juga akan mengganggu emosi dan kejiwaan anak dalam jangka waktu panjang akan membuat kesehatan tertanggu. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan edukasi kepada anak-anak tentang dampak penggunaan gadget  (2) memperkenalkan permainan tradisional indonesia. Metode pelaksanaan PKM ini yaitu dengan Metode interaktif secara offline atau tatap muka langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

 

Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat ,edukasi , permainan tradisonal

Author Biographies

Anes Chairuni Siregar, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Kristin Natalia, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Novi Mulyani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Sarma Pratiwi Ondy, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Akilasari, Yekti, et al. “FAKTOR KELUARGA, SEKOLAH DAN TEMAN SEBAYA PENDUKUNG KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI.†Jurnal Pendidikan Anak, vol. 1, no. 5, Dec. 2015,

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10428.

Handayani, Putri Puji, et al. “Perancangan Game Design Document Serious Game Permainan Tradisional Angklek Sleman Yogyakarta.†Seminar Nasional Informatika 2015, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 1–7, http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/view/232.

Media, PA Chusna-Dinamika Penelitian:, and undefined 2017. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.†Ejournal.Iain-Tulungagung.Ac.Id, http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842. Accessed 11 Dec. 2021.

Nur, Haerani. “MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN ANAK TRADISIONAL.†Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 4, no. 1, June 2013, doi:10.21831/JPK.V0I1.1290.

Perkembangan, Meningkatkan, et al. “Model Permainan Tradisional ‘Boy-Boyan’ Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD.†ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 2b, Dec. 2017, doi:10.30651/ELSE.V1I2B.1062.

Saragih, John Fredy Bobby. “Anak Dan Ruang Bermain: Telaah Terhadap Beberapa Penelitian Berbasis Affordances.†ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, vol. 2, no. 2, Universitas Bina Nusantara, Dec. 2011, pp. 603–12, doi:10.21512/COMTECH.V2I2.2809.

Wijayanti, Rina. “PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK.†Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Mar. 2014, doi:10.17509/CD.V5I1.10496.

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR (KESEIMBANGAN TUBUH) ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI KELOMPOK B TUNAS RIMBA II TAHUN AJARAN 2014/2015. | Pratiwi | PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/513. Accessed 11 Dec. 2021.

Downloads

Published

2022-04-15