Penyuluhan dan Edukasi Kesehatan Serta Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar pada Tahapan Awal Pembelajaran Tatap Muka (Ptm) di Era Pandemi

Authors

  • Saputra Saputra Universitas Pamulang
  • Kurniawan Lase Universitas Pamulang
  • Diny Megawaty Meray Universitas Pamulang
  • Diny Megawaty Meray Universitas Pamulang

Abstract

Salah satu cara menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan meningkatkan pemahaman terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 baik ditingkat individu maupun komunitas. Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa-siswi khususnya SMP Terpadu Darusalam mampu mempraktikan kebiasaan hidup sehat dalam pencegahan penularan covid 19 di sekolah dan dimana saja mereka berkunjung. Hasil kegiatan ini mampu meningkatkan kebiasaan hidup sehat di mana saja mereka berada. Mengembangkan minat baca harus dilakukan kepada siswa sekolah karena dengan Minat Baca Siswa memiliki wawasan yang luas dan memperkaya pengetahuan dan pemahaman serta mengasah kreativitas. Kegiatan ini menggunakan metode presentasi dan mudah dipahami serta membagikan buku-buku yang menarik agar para siswa mampu memiliki ketertarikan membaca. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat dan cara – cara konkrit menjaga kesehatan selama masa pandemi saat pembelajaran tatap muka di sekolah, antara lain: menjaga jarak, mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun cair, dan menggunakan handsanitizer serta menumbuhkan minat baca dengan melakukan presentasi serta membagikan buku-buku yang menarik untuk dibaca siswa-siswi SMP Terpadu Darussalam.

kata kunci: Covid 19, Edukasi, Minat Baca

Author Biographies

Saputra Saputra, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Kurniawan Lase, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Diny Megawaty Meray, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Diny Megawaty Meray, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Asda, P., & Syarifah, N. (2020). Penyuluhan Kesehatan Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat DIMAS .

Covid-19. (2020, Agustus 11). Data Sebaran Covid-19. Covid-19.go.id.

Kemendikbudristek. (2021). Surat Edaran Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.

Ningrum, W. S., Mandasari, D., Hardianti, S., Surya, O. V., Rahmi, V., & Nugroho, R. A. (2021). Membangun Literasi Budaya Baca Pada Anak Taman Baca Rumah Lentera. Proseding Dedikasi Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat.

Organization, W. H. (2020, Maret 19). Rational Use of Personal Protective Equipment for Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Diambil kembali dari https://apps.who.int/iris/handle/10665/331498: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331498/WHO-2019-nCoV-IPCPPE_use-2020.2-eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Putria, Maula, & Uswatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

RI, S. K. (2020, Maret 30). 7 Arahan Presiden Terbaru terkait Percepatan Penanganan Covid-19. Diambil kembali dari setkab.go.id: https://setkab.go.id/7-arahan-presiden-terbaru-terkait-percepatan-penanganan-covid-19/

Togibasa, O., Tampi, M. S., & Hutajulu, T. p. (2021). Pendampingan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Sekolah Sepakbola EMSYK, Papua . JPM Wikrama Parahita.

Downloads

Published

2022-04-15