Mengedukasi Kreativitas Kerajinan Tangan Dengan Bahan Daur Ulang Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan

Authors

  • Fauziah Fauziah Universitas Pamulang
  • Isnaini Isnaini Universitas Pamulang
  • Imelda Febrianti Universitas Pamulang

Abstract

Lingkungan dan Kesehatan saling berhubungan erat dalam kehidupan kita. Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Namun, kebersihan lingkungan tampaknya diabaikan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tanpa mereka ketahui, sejatinya sampah yang menumpuk bisa kita kurangi dengan kreativitas yang kita miliki. Kita dapat mengolah sampah menjadi hal yang lebih bermanfaat sehingga tidak mencemari lingkungan. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Kegiatan P(M)KM kami kali ini diharapkan mampu menanamkan pola pikir untuk berkreativitas mengelola daur ulang sampah agar dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

 

Kata Kunci: Kreativitas ; daur ulang ; lingkungan ; sampah

Author Biographies

Fauziah Fauziah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Isnaini Isnaini, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Imelda Febrianti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Anggraini, D., Pertiwi, M. B., & Bahrin, D. (2012). Pengaruh Jenis Sampah, Komposisi Masukan Dan Waktu Tinggal Terhadap Komposisi Biogas Dari Sampah Organik. Jurnal Teknik Kimia, 18(1).

Susilawaty, A., Jastam, M., Basri, S., & Amansyah, M. (2014). Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan: Seri Integrasi Islam Kesehatan.

IRAWAN, I. (2017). Gambaran Sanitasi Lingkungan Sekolah Taman Kanak-Kanak (Tk) Di Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2017. (Doctoral dissertation).

Irmayani, I., & Syahril, S. (2020). Kebijakan Cukai Kantong Plastik Sebagai Dampak Eksternalitas Lingkungan. Jurnal Ekombis, 6(1) https://doi.org/10.35308/ekombis.v6i1.2007

Adimihardja, K., & Hikmat, I. H. (2003). Participatory Research Appraisal: Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Humaniora.

Rimantho, D., & Tamba, M. (2021). Usulan strategi pengelolaan sampah padat di TPA Burangkeng Bekasi dengan pendekatan SWOT dan AHP. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(2), 383-391.

Rachmawati, Q. (2015). Pengolahan sampah secara pirolisis dengan variasi rasio komposisi sampah dan jenis plastik (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Uus Kuswendi, M. P., Hana Sakura Putu Arga, M. P., & Deden Herdiana Altaftazani, M. P. (2020). Environmental literacy sekolah dasar. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Pinontoan, O. R., & Sumampouw, O. J. (2019). Dasar Kesehatan Lingkungan. Deepublish.

Downloads

Published

2022-04-15