Menumbuhkan Kreativitas Pembuatan Gelang Tangan pada Anak Remaja di Daerah Kota Tangerang

Authors

  • Dewi Priyantari Universitas Pamulang
  • Lutfiana Apriladiestya Universitas Pamulang
  • Rima Ariska Universitas Pamulang
  • Yulinar Hasanah Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri. Menjadi seorang remaja yang kreatif adalah sebuah keharusan. Karena dengan menjadi kreatif anak remaja dapat selalu berkembang sebagai sebuah individu. Jika sejak remaja saja seorang sudah terbiasa kreatif, maka seiring pertumbuhan dan berjalan nya waktu individu tersebut akan sangat terbiasa untuk selalu kreatif. Tujuan dari adanya P(M)KM ini adalah untuk Untuk meningkatkan kreativitas pada remaja yang berada di sekitaran Kelurahan Panunggan Utara RT. 006 RW. 001 dalam membuat kerajinan tangan berupa gelang tangan dari manik-manik. Pengembangan kreativitas dalam pembuatan gelang tangan ini juga bisa menjadi salah satu contoh peluang bisnis untuk mereka nanti. Metode dalam pelaksanaan P(M)KM ini menggunakan dua tahap yaitu, yang pertama pemaparan materi dan yang kedua praktek pembuatan gelang tangan. Hasil dalam pelaksanaan PKM ini berjalan lancar. Kami berharap dengan adanya pelaksanaan PKM ini dapat memebuat anak remaja khususnya di daerah RT 006 Kel. Panunggangan Utara, Kota Tangerang menjadi lebih kreatif  lagi.

 

Kata Kunci: Anak Remaja; Kreativitas; Gelang Manik-Manik

Author Biographies

Dewi Priyantari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Lutfiana Apriladiestya, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Rima Ariska, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Yulinar Hasanah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Crisandye, Y. F. (2018). Peran Karang Taruna Dalam Pengembangan Kreativitas Remaja. Jurnal COMM-EDU, Volume 1 Nomor 3, September 2018, 94-100.

Dr Etin Solihatin, M.Pd. (2016). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Gelang dari Manik-Manik Untuk Mendukung Kemandirian Ekonomi Masyarakat Di Desa Kubang Baros-Banten. Jurnal Sarwahita Volume 13 No. 2.

Maulinda, R. dkk (2021). Pemberdayaan Kreativitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Dedikasi, Vol. 1 No.1, Oktober 2021, 152-158.

Reisy M W, Rhaina E M, Yunan P P, Puan D Y. (2021). Penyuluhan Covid-19 dan Pelatihan Keterampilan Membuat Gelang Manik-Manik Kepada Anak Yatim Piatu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. 97-UMJ-KKN.

Sinta M D, Ayu F, Yulistina N DS. (2019). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Gelang Talikur Dengan Pemanfaatan Limbah Sepatu Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Kutambekar Karawang. Jurna Buana Pengabdian, Vol. 1 No. 1.

Saputri, M. (2021). Menanamkan Jiwa Kreativitas Dan Kewirausahaan Sejak Dini. Dedikasi, Vol.1 No.1, Oktober 2021, 112-118.

Sunarto 2018. Pengembangan Kreativitas - Inovatif Dalan Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018). Retrived from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Downloads

Published

2022-04-15