Edukasi Penerapan Penggunaan Teknologi yang Bijak Terhadap Perilaku Anak Usia Dini

Authors

  • Sakina Sakina Universitas Pamulang
  • Astuti Astuti Universitas Pamulang
  • Risa Yuliani Universitas Pamulang
  • Siti Masitoh Universitas Pamulang

Abstract

Gadget merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi untuk mempermudahkan komunikasi bagi manusia. Kemajuan teknologi gadget bagi dunia pendidikan juga berdampak negatif yaitu bisa mengakibatkan siswa malas belajar dan lebih sering bermain gadget tidak pada waktunya. Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat Universitas Pamulang melakukan salah satu kegiatan penyuluhan mengenai “Edukasi Penerapan Penggunaan Teknologi Yang Bijak Terhadap Anak Usia Dini†kepada para siswa/i MI. Unwanul Huda 2 Depok, mengingat masih rendahnya pengetahuan siswa/i akan fungsi dan manfaat serta dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan gadget. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai fungsi dan manfaat serta dampak dari penggunaan gadget dan memotivasi siswa/i agar lebih bijak dalam menggunakan gadget. Metode pelaksanaan PmKM ini yaitu dengan metode Penyuluhan dan Interaktif secara tatap muka dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan PmKM ini diharapkan para siswa/i di MI.Unwanul Huda 2 depok dapat menerapkan penggunaan teknologi gadget dengan bijak sesuai kebutuhan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Kata Kunci: Gadget, Perilaku, Anak Usia Dini

Author Biographies

Sakina Sakina, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Astuti Astuti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Risa Yuliani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Siti Masitoh, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Ariston, Y., & Frahasini. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research , 86-91.

Diah Saputri, A. d. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. Online ISSN (e-ISSN) : 2548-4516 Volume 3.

Hana Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1 (1), 1-11.

Marliani. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: CV Pusaka Setia.

Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interakasi Sosial Anak . Surabaya: Disertasi, Universitas Negeri Surabaya.

Putri, R. Y. (2019). Pengaruh Bermain Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.

Widiawati. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Yahya, Yudrik. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2022-04-15