Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Media Belajar Ular Tangga bagi Anak-Anak Sekolah Dasar di Kampung Gaga

Authors

  • Gemilang Waringin Sancang Universitas Pamulang
  • Annisa Delviana Universitas Pamulang
  • Dui Ade Wahyuni Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) ini bertitik tolak dari latar belakang bahwa kurang optimalnya pembelajaran matematika secara online atau daring di masa pandemi covid-19 bagi anak-anak tingkat Sekolah Dasar di Kampung Gaga. Hal ini yang mendasari tim PMKM untuk berinovasi dalam pembelajaran matematika dengan media belajar ular tangga. Pembelajaran matematika dengan media belajar ular tangga ini bertujuan untuk menciptakan dan membangun suasana yang aktif dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar karena media belajar ular tangga melibatkan anak anak dalam proses pembelajaran secara langsung. Dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pembelajaran konvensional. Inovasi pembelajaran matematika dengan media belajar ular tangga ini mampu meningkatkan minat dan hasil belajar anak dalam pembelajaran matematika. Instansi pendidikan Sekolah Dasar diharapkan dapat meningkatkan fasilitas media belajar untuk mendukung proses pembelajaran di Sekolah dan mengadakan pelatihan pengembangan media belajar bagi pengajar dan calon pengajar. Selain itu pengajar dan calon pengajar juga sebaiknya berusaha secara mendiri untuk mengembangkan media belajar dalam pembelajaran matematika sehingga motivasi belajar anak meningkat.

 Kata Kunci: Pembelajaran Matematika; Media Pembelajaran; Alat Permainan Edukatif

Author Biographies

Gemilang Waringin Sancang, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Annisa Delviana, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Dui Ade Wahyuni, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Fitri Larasati Sibuea, M., & Dorthy Ellyany Sinaga, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Aljabar: Vol. III (Issue 1). www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp

Hartono, B. P., Bayu, D., & Riyandiarto, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PERMUTASI (Permainan Ular Tangga Berbasis Materi) Matematika SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.30738/union.v9i1.9195

Irawan, A., & Wardani, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p342

Kurniasi, E. R., Hevitria, H., & ... (2021). Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Permainan Tradisional Di Sdn 14 Pangkalpinang Kecamatan Pangkalbalam Kota …. Martabe: Jurnal …. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i3.994-1000

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020a). Hubungan antara interaksi belajar mengajar, otivasi Belajar Siswa, dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Ekonoi Akuntansi. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://repository.usd.ac.id/7796/2/011334099_Full.pdf

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020b). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Improving The Result Of Learning Mathematics By Using The Snake Ladder Game On The First Grader Of Junior High School). Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37.

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020c). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Kelas V Sd Negeri Sungguminasa Iii Kabupaten Gowa. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37.

Qomariyah Nawafilah, N. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas Iii Sdn Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).

Downloads

Published

2022-04-15