Meningkatkan Kreativitas pada Anak Melalui Pembuatan Buket Snack Sebagai Alternatif Peluang Usaha Dimasa Pandemi

Authors

  • Dinda Nur Azizah Universitas Pamulang
  • Dwi Rezeki Septiani Universitas Pamulang
  • Uswatun Khasanah Universitas Pamulang
  • Kenny Nandita Muamalah Universitas Pamulang

Abstract

Pandemi covid- 19 yang telah berlangsung sejak setahun yang lalu mengakibatkan pemerintah mengambil beberapa kebijakan dengan mengurangi mobilitas masyarakat termasuk kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Melalui Pembuatan Buket Snack Sebagai Alternatif Peluang Usaha di masa Pandemi yang dilaksanakan di Rumah Yatim & Duafa Yayasan Budi Bangsa Bintaro. Kegiatan ini diikuti oleh 29 anak-anak panti dan mahasiswa. Kreativitas adalah salah satu hal yang dibutuhkan pada saat ini. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode penyuluhan dan metode pelatihan untuk membuat suatu prakarya yang memiliki nilai jual.  Pada pelaksanaanya anak-anak akan diberikan teori & contoh keterampilan dalam membuat suatu prakarya yaitu snack buket lalu mereka akan mempraktekan sendiri dengan didampingi oleh tim PKM. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan para peserta pelatihan pembuatan buket snack terampil dan dapat berkarya sendiri mengembangkan bakat, ide-ide dan keterampilan dalam menciptakan kreativitas dari buket snack sehingga bisa menjadi nilai guna dan jual yang tinggi dan dapat meningkatkan berbagai macam inovasi baru dalam ber wirausaha.

 

Kata Kunci: Kewirausahaan; Prakarya; Buket Snack

Author Biographies

Dinda Nur Azizah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Dwi Rezeki Septiani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Uswatun Khasanah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Kenny Nandita Muamalah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Andarini, D. P., Imani, K., Putri, S. F., & Malang, U. N. (n.d.). Media Sosial: Sarana Pengembangan Jiwa Kreatif Kewirausahaan Muda (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi UM)).

Badriatin, T., Agustina, D., Lucky, R., & Rinandiyana, R. (2019). Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Kewirausahaan Dengan Membuat Buket Snack Sebagai Alternatif Buah Tangan Bagi Santri Miftahul Huda Al Husna Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.

Badriatin, T., Rinandiyana, R. L. R., & Agustina, D. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Dengan Membuat Buket Snack Serbagai Alternatif Buah Tangan bagi Santri Miftahul Huda Al Husna Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v1i2.1724

Carta, A., Flamini, G., Cioni, P. L., Pistelli, L., & Peruzzi, L. (2015). Flower Bouquet Variation in Four Species of Crocus ser. Verni. Journal of Chemical Ecology, 41(1), 105–110.

https://doi.org/10.1007/s10886-014-0541-y

Istiyanti, E. N. (2021). Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Smk Sasmita Jaya 2 Pamulang. In Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (Vol. 1, Issue 1).

Petri, M. M., Majid, H. M. N., Addiarrahman, M. S., & Si, M. (n.d.). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi) Skripsi Oleh.

Putri, N. A., Faidah Putri, N., Suriyanti, L. H., & Aristi, M. D. (2019). Analysis Of Business Strategy Management Bucket Snackdf Pekanbaru Analisis Manajemen Strategi Usaha Bucket Snackdf Pekanbaru. In Research In Accounting Journal (Vol. 1, Issue 3). http://journal.yrpipku.com/index.php/raj

Saputri, M., Mumtaza, A., Oktaviana Wini, M., & Oktaviani, P. (n.d.). Menanamkan Jiwa Kreativitas Dan Kewirausahaan Sejak Dini (Vol. 1, Issue 1).

Wahyuningsih, R., Nur Anggraini, P., Eka Vebyanti, S., Susanti, A., Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang, P., & Jl, A. (2021a). Pelatihan Pembuatan Bucket Bunga Dan Snack Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Jombang Jawa Timur. Indonesian Journal Of Community Service,

Downloads

Published

2022-04-15