Mengembangkan Minat Anak-Anak Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Pamulang Mengenai Cara Berhemat dalam Pengelolaan Uang dengan Menggunakan Metode Akuntansi Kas Kecil

Authors

  • Ria Nur Aini Universitas Pamulang
  • Etika Meilana Sari Universitas Pamulang
  • Nisa Novianti Universitas Pamulang
  • Yuniar Watie Universitas Pamulang

Abstract

Pengelolaan keuangan merupakan sebuah usaha yang memerlukan pembukuan dan pengelolaan terkait keuangan yang baik. Tentunya hal ini menjadi sangat penting untuk dikenalkan sejak dini agar anak-anak terbiasa untuk tidak hidup konsumtif. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Pamulang mengenai pentingnya pengelolaan keuangan dan manfaatnya untuk masa depan, memotivasi anak-anak untuk berhemat agar dapat mengelola uang sejak dini untuk mempersiapkan masa depan yang terkelola dengan baik, dan untuk memberikan pengetahuan mengenai pencatatan keuangan yang sederhana menggunakan metode akuntansi pencatatan kas kecil. Metode pelaksanaan PKM ini yaitu dengan sosialiasi dan interaktif secara offline atau tatap muka langsung dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan secara ketat. Hasil dari kegiatan PKM ini diharapkan anak-anak Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa lebih memahami terkait pengelolaan keuangan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menerapkan pola hidup yang hemat demi masa depan yang lebih sejahtera.                                     

Kata Kunci: Berhemat; Pengelolaan Keuangan; Metode Akuntansi Kas Kecil

Author Biographies

Ria Nur Aini, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Etika Meilana Sari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Nisa Novianti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Yuniar Watie, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 13(2), 175-190. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Dewayani, S., Budiharja, J., & Natakusumah, Y. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan.

Ghozie, P. H. (2016). Make It Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kobliner, B. (2017). Make Your Kid a Money Genius (Even If You're Not). New York: Simon & Schuster Subsidiary Rights Department.

Leon, F. M. (2018). Mengelola Keuangan Pribadi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Management and Entrepreneurship Journal, 1(2), 113-137.

Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini. Dedikasi, 1(1), 119-125. Retrieved from e-ISSN: 2798-9259

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Sejak DIni di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(1), 14-20. doi:10.30596/liabilities.v3i1.4236

Sukmagati, O. P., & Dananti, S. (2016). Mengelola Keuangan Pribadi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sumiyati. (2017). Mengenalkan Pengelolaan Keuangan Pada Anak Sejak Usia Dini. Islamic Reviews Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 6(1), 29-47. Retrieved from ISSN: 2089-8142 (p)

Downloads

Published

2022-04-15