Sosialisasi dalam Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Menerapkan Prokes dan Menanamkan Nilai-Nilai Budi Pekerti yang Baik Sejak Kecil di Era Globalisasi

Authors

  • Egy Rosmawati Universitas Pamulang
  • Wardah Sriyanti Universitas Pamulang
  • Eka Junita Ufairah Universitas Pamulang
  • Satria Budi Widyanto Universitas Pamulang

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah epidemi yang berbahaya dan telah menjadi ancaman global. Untuk mencegah penularan penyakit ini, protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat. Untuk membangun kesadaran akan protokol kesehatan, perlu dilakukan kegiatan melalui diskusi, sosialisasi, dan penyuluhan. Bahwa karakter mengalami pertumbuhan yang membuat suatu nilai menjadi budi pekerti, sebuah watak batin yang digunakan dalam merespon situasi melalui cara dengan moral. Karakter berkaitan dengan berbagai hal yang dipelajari melalui pengalaman, pelatihan atau proses sosialisasi. Untuk itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga protocol Kesehatan, serta menjadikan anak anak bangsa yang paham terhadpa nilai budi pekerti yang baik. Sehingga nilai-nilai baik yang dimiliki individu akan menunjukkan perilaku karakter individu tersebut. Metode dalam pengabdian ini adalah sosialisasi secara langsung dengan memaparkan materi yang sudah dipersiapkan. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 20 orang yang terdiri dari anak-anak dan ibu guru TPA Al-Khairiyah. Dengan diadakannya pengabdian ini diharapkan dapat membangun karakter pada peserta pengabdian untuk dapat menanamkan nilai-nilai budi pekerti yang baik serta dapat menerapkan protocol Kesehatan sesuai yang dianjurkan.

Kata Kunci: Protokol Kesehatan; Nilai-Nilai Budi Pekerti; Membangun Karakter

Author Biographies

Egy Rosmawati, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Wardah Sriyanti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Eka Junita Ufairah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Satria Budi Widyanto, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Aprilza Aswani, O. B. (2021). Peningkatan Kesadaran Terhadap Protokol Kesehatan Pada Anak-Anak Panti Asuhan Aisyiah Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Vol. 14 No. 1 Juni 2021, 14, 1-7.

BA Putri, M. F. (n.d.). Penyuluhan Pentingnya Menerapkan Prokes 5m Selama Pandemi Covid-19 Serta Pembagian Masker Dan Hand Sanitizer Kepada Masyarakat Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur. Universitas Muhammadiyah Jakarta,, 1-6.

Emusti Rivashintha Marjito, Y. K. (2020). Sosialisasi Protokol Kesehatan Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Aliyah Al- Ikhlas Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya. Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, 89-94.

Ervina Wulandari, A. F. (2018). Penguatan Nilai Budi Pekerti Melalui Tradisi Rasulan Gunungkidul. Vol. 2 No.1 Maret 2018, 2, 139-150.

Muhammad Farhan Anugrah Putra, M. A. (2021). Penerapan Protokol Kesehatan Saat Beribadah Berjamaah Shalat Jum’at Di Masa Pandemi Covid 19. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 28 Oktober 2021 , 1-4.

Samal, A. L. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dan Budi Pekerti Di Sekolah Pada Era Globalisasi. Jurnal Potret – Jurnal Penelitian dan Pemikiran Islam – Vol. 21, No. 2, Juli - Desember 2017, 21, 10-14.

Sulthoni. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 100-108.

Wulandari, D. A. (2018). Menumbuhkan nilai budi pekerti Masyarakat Jawa mawas diri dengan Logo Terapi. Universitas PGRI Madiun, 155 – 161

Downloads

Published

2022-04-15