Sosialisasi Perhitungan Hpp dalam Pembuatan Hand Sanitizer sebagai Upaya Pencegahan Virus dimasa Pandemi

Authors

  • Nuriah Hasanaha Universitas Pamulang
  • Sa'adah Nuraini Universitas Pamulang
  • Suri Cahya Wulan Universitas Pamulang
  • Yulistia Mauli Universitas Pamulang
  • Desy Purwasih Universitas Pamulang

Abstract

Wabah COVID-19 yang menyerang seluruh dunia, tanpa terkecuali Indonesia, menimbulkan dampak yang besar pada ketatanegaraan, terutama pada perekonomian. Masyarakat dituntut untuk bertahan hidup dengan situasi kondisi perekonomian yang melanda Indonesia. Segala upaya dilakukan untuk menekan angka pengeluaran, tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan. Salah satu upaya untuk merealisasikan hal tersebut adalah pelaksanaan Pengabdian (Mahasiswa) Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang dengan kegitatan sosialisasi mengenai pembuatan handsanitizer. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberitahukan bahwa handsanitizer mampu dalam menghadapi virus corona. Selain itu, hand sanitizer juga dapat diperjual-belikan dan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat di masa pandemi ini, dimana bahan-bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan. Pemilihan handsanitizer sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat karena hand sanitizer punya nilai daya jual dan manfaat manfaat yang dapat menjadi pemasukan tambahan bagi para ibu-ibu peserta penyuluhan, mengingat kebutuhan akan hand sanitizer yang tinggi dan mengandalkan HPP dari home made lebih rendah, akan menarik minat masyarakat untuk memilih hand sanitizer home made ini.

 

Kata Kunci: PmKM, Hand Sanitizer, HPP, Wabah Covid’19, Penghasilan

Author Biographies

Nuriah Hasanaha, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Sa'adah Nuraini, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Suri Cahya Wulan, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Yulistia Mauli, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Desy Purwasih, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Banten, D. (2021, oktober 24). Cegah Covid-19 . Retrieved from Mahasiswa Unpam Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Kepada Mayarakat: https://www.detakbanten.com/today/ceg

Bekti, R. D., Suryowati, K., & Suseno, H. P. (2020). Pemberian Sosialisasi dan Bantuan Pencegahaan Covid-19 bagi Warga Malang Kota Yogyakarta Berdasarkan Analisis Tingkat Pengetahuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 99-105.

Ervianingsih, E., Astari, C., Zahran, I., Hurria, H., Mursyid, M., & Samsi, A. S. (2020). Pencegah Covid-19 dengan pembuatan dan pembagian handsanitizer di Universitas Muhammadiyah Palopo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 44-48.

Herlan, H., Efriani, E., Sikwan, A., Hasanah, H., Bayuardi, G., Listiani, E. I., & Yulianti, Y. (2020). Keterlibatan Akademik dalam Menanggulangsi Dampak Covid-19 terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako. Journal of Charcter Education Society, 267-277.

Kompasiana. (2021, Oktober 24). Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Retrieved from wasih/617d6b300631e48e5468b33/so sialisasi-pembuatan-handzanitizer-sebagai-wujud-pengabdian-kepada-masyarakat-universitas-pamulang: https://www.kompasiana.com/desypur

Soleh, A., Suwarni, S., & Yasirudin, N. T. (2020). Covid-19 dan Upaya Pencegahan Penyebaran di RT 15 RW 03 Kelurahaan Rawa Makmur Permai Kacamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Reffesia, 379-384.

Wibawati, P. A. (2012). Pengaruh Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper Betle Var. Rubrum) Terhadap Waktu kesembuhan Luka Insisi Yang Diinfeksi Staphylococcus Aureus pada Tikus Putih. Skripsi Universitas Airlangga, Surab, 75-105.

Yuliana. (2020, 02 7). Wellnes and Healty Magazine, Vol. 2, No.1. Retrieved from Corona Virus Disiases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literature: https://wellness.journalpress.id/wellnes/articel/view/21026/pdf

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahaan Covid-19 Kepada Anak-anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 68-76.

Downloads

Published

2022-04-15