Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi dan Kemandirian dalam Manajemen Keuangan pada Siswa Siswi Smp di Cendekia Ciledug

Authors

  • Adinia Pitaloka Putri Universitas Pamulang
  • Siti Nurul Holipah Universitas Pamulang
  • Viraya Maulidia Susanti Universitas Pamulang

Abstract

Kemandirian adalah suatu kemampuan psikososial berupa kesanggupan untuk berani, berinisiatif dan bertanggung jawab dalam mengatasi hambatan/masalah dengan rasa percaya diri dengan tidak tergantung dengan kemampuan orang lain. Dalam hal ini, kemandirian sangat dibutuhkan agar hidup dapat menjadi lebih baik. Tentu saja dalam kemandirian yang baik maka ada sesuatu yang diatur dengan baik pula. Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang melakukan salah satu kegiatan Penyuluhan tentang “kemandirian dan manajemen keuangan sejak dini†kepada siswa siswi SMP di lembaga pembelajaran atau Les Cendekia Ciledug. Mengingat masih rendah nya sikap mandiri yang dimiliki anak anak pada siswa dan siswi SMP serta kurang nya pemahaman penting nya dalam mengatur atau manajemen keuangan sejak dini.Kegiatan yang dilakukan juga bertujuan untuk 1.) meningkatkan motivasi belajar akuntansi pada siswa siswi smp 2.) memberikan arahan bagaimana cara mengatur atau memanajemen keuangan bagi siswa siswi SMP. Tentu saja hasil yang kami harapkan untuk siswa siswi smp di tempat les Cendekia ciledug dalam berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari dan dapat di gunakan untuk masa yang akan datang.

Kata Kunci : Motivasi Belajar; Kemandirian; Manajemen Keuangan

Author Biographies

Adinia Pitaloka Putri, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Siti Nurul Holipah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Viraya Maulidia Susanti, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Adiningsih, D. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan.

Alfiah, V. (2018). Manajemen tabungan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 1 Kota Palangka Raya. Diss. IAIN Palangka Raya.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur 7.10, 11-21.

Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi 2.1.

Mulyawan, S. (2015). Manajemen Keuangan.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4-1.

P, P. (2007). Hubungan Antara Kemandirian dengan Motivasi Bekerja Sebagai Pengajar Les Privat pada Mahasiswa di Semarang. Universitas Diponegoro.

Rikayanti, V., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan,

pembelajaran manajemen keuangan, dan uang saku terhadap perilaku menabung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 8.3, 29-36.

Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.

Downloads

Published

2022-04-15