Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini
Abstract
Berbicara di depan umum dapat diartikan suatu penyampaian ide, atau gagasan (mengucapkan bunyi artikulasi) sehingga dalam penyampaiannya mampu dipahami oleh lawan bicara maupun orang lain. Perkembangan Bahasa yang baik khususnya dalam berbicara menjadikan anak dapat mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara cerdas sesuai konteks dan situasi pada saat dia sedang berbicara. Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat (PMKM) ini bekerjasama dengan Taman Bacaan Perigi, Kedaung-Depok. Tujuan dari Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini adalah agar anak mampu berargumentasi meyakinkan orang lain melalui kata-kata yang diucapkan, memberikan ide dan gagasan yang dimiliki, dapat mengungkapkan perasaan yang dirasakan, bercerita mengenai pengalaman yang pernah dialami serta bertanya ataupun menjawab pertanyaan orang lain. Sasaran dalam PMKM ini merupakan anak-anak usia 5-12 tahun yang dilaksanakan pada 07 November 2021. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini adalah dengan berupa sosialisasi dan penyuluhan, diskusi serta tanya jawab. Adapun hasil yang diharapkan dalam pengabdian mahasiswa kepada masyarakat (PMKM) ini guna melatih perkembangan bahasa dalam berkomunikasi serta mempu mengekspresikan pikirannya dengan baik.
Kata Kunci: : Artikulasi, Ekspresi, Argumentasi dan KomunikasiReferences
Dosen pendidikan 2. (2021). Materi Komunikasi Lisan dan Tertulis. Dosenpendidikan.Com. https://www.dosenpendidikan.co.id/komunikasi-lisan-dan-tertulis/
Muazzomi, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Buku Bergambar di TK Al-Fiqri Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 1(9), 37–41. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007
Ningrum, S. W., Mandasari, D., Siti Hardianti, Surya, V. O., Rahmi, V., & Nugroho, A. R. (2021). Membangun Literasi Budaya Baca pada Anak Taman Baca Rumah Lentera. Dedikasi, 1(1), 100–106. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/12455
Rofiq, A., & Nihayah, I. (2018). Komunikasi Sebagai Modal Utama Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. December. https://doi.org/10.31219/osf.io/2cxyt
Rozuqi, R. . A. R. N. (2019). Implementasi Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Komunikasi pada Anak Kelompok A (4-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Al-Falahiyah Krangan Sidokumpul Lamongan. 10–45.
Sari, P. M., Hapsari, A. W., Marlinah, F., Nursita, P. M., & Ak, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini. November.
Setiadi, D. (2016). Berbicara Di Depan Umum. 14–16.
http://didiksetiadi12.blogspot.com/2016/12/berbicara-di-depan-umum.html
Siswati, T. R. I. (2009). Komunikasi lisan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita kelas vii smplb-c1 yayasan sosial setya darma surakarta tahun pelajaran 2008-2009.
Yunitasari, D. (2009). Pembelajaran Kemampuan Menyimak dengan MetodeBercerita di TK Pertiwi Genjahan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. 9–32.