Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Meningkatkan Kreativitas Anak Asuh Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Bintaro
Abstract
Protokol kesehatan adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam pencegahan penyakit. Meski vaksin telah diberikan, pemerintah tetap menggalakkan masyarakat, dari lapisan teratas hingga paling bawah untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak panti asuhan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di era new normal, serta mengasah kreativitasnya dengan cara melukis diatas tote bag. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Bintaro tepat di hari Minggu, 17 Oktober 2021. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak panti asuhan sejumlah 10 orang anak tingkat SD-SMP. Terdapat manfaat yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu mengetahui sejauh mana tingkat kreativitas anak panti dan memberikan sosialisasi yang tepat tentang protokol kesehatan. Metode yang disampaikan dalam yaitu sosialisasi dengan memaparkan materi kepada anak panti. Hasil dari pengabdian kepada anak panti asuhan dapat menambah tingkat kreativitas anak dengan melukis tote bag sebagai sarananya, serta pengetahuan dalam menerapkan protokol kesehatan.
Kata Kunci: Protokol Kesehatan, Anak Panti, Pengabdian Kepada MasyarakatReferences
Alfarizi, T. (2020). 5 M Dimasa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Retrieved from Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI: http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-Covid19-di-indonesia.html
Deny, S. (2020, Juni 30). New Normal Hidupkan Kembali Kegiatan Ekonomi dengan Protokol Kesehatan. Retrieved from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/content/detail/27507/new-normal-hidupkan-kembali-kegiatan-ekonomi-dengan-protokol-kesehatan/0/sorotan_media
Kusnandar. (2021, September 22). Substansi Pemanfaatan dan Evaluasi Teknologi Pembelajaran Pusdatin Kemendikbudristek. Tumbuhnya Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran di Era Pandemi. Retrieved from Pusdatin Kemdikbud: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/tumbuhnya-kreativitas-dan-inovasi-pembelajaran-di-era-pandemi1/
Saputri, M. (2021, April 10). Menanamkan Jiwa Kreativitas dan Kewirausahaan Sejak Dini. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/meyzapy/6071d612d541df5a67383912/menanamkan-jiwa-kreativitas-dan-kewirausahaan-sejak-dini
Saputri, M., Mumtaza, A., Wini, M. O., Oktaviani, P., & Wahyudin. (2021). Menanamkan Jiwa Kreativitas dan Kewirausahaan Sejak Dini. DEDIKASI, 1(1), 112-118.
Suprapti, N. (2010, Desember 14). Pentingnya Kreativitas Dalam Kehidupan. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/novi_suprapti/550052e5a333115c735107bf/pentingnya-kreativitas-dalam-kehidupan
Welianto, A. (2021, Januari 07). Prakarya: Pengertian dan Manfaatnya. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/07/133500969/prakarya--pengertian-dan-manfaatnya?amp=1&page=2
Yansen, A. C., & Irsana, I. M. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh di Panti Asuhan “Rodhiyatul Jannah†Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 206-220.
Zaldi, N. (2020). Menko PMK: Mahasiswa Berperan Penting dalam Penanganan Covid19. Retrieved from Kemenko PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/menko-pmk-mahasiswa-berperan-penting-dalam-penanganan-Covid