Tutup Botol Pintar” Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Belajar Anak

Authors

  • Erlinda Oktaviani Lutfiah Universitas Pamulang
  • Nabila Agestin Universitas Pamulang
  • Siti Mutmainah Universitas Pamulang
  • Zelda Magsal Trisnaini Universitas Pamulang

Abstract

Pada hakikatnya, penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang ditujukan untuk Pengabdian Kepada Masyarakat. Penelitian ini mengangkat masalah penanganan limbah kardus dan plastik sehingga dapat memberikan nilai guna dan nilai jual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup yang berupa pemanfaatan limbah plastik. Objek penelitian dilakukan di Yayasan Ishlahul Hayat, Jl. Mujair Raya, Bambu Apus, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan observasional terhadap masalah dan peruntukan intervensi terhadap masalah yang diangkat. Secara lebih rinci, pendekatan pengelolaan limbah kardus dan plasik dalam intervensi adalah kardus bekas dan tutup botol plastik bekas dari minuman botol air mineral (seperti Aqua, Le Mineral, Nestle dan lain-lain). Cara intervensi dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2021 dan dimulai pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya produk kreatif berupa alat bantu hitung bernama “Tutup Botol Pintarâ€, yang memiliki memiliki nilai estetika.

Kata Kunci: limbah plastik; produk kreatif; nilai estetika

 

 

Author Biographies

Erlinda Oktaviani Lutfiah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Nabila Agestin, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Siti Mutmainah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Zelda Magsal Trisnaini, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., & Outri, E. I. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092-100.

Hanafi, H., S., & Sujarwo, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215-225.

Lestari, D. D. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1.

Siarni, S. P. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju. Jurnal Kreatif Online, 3(2).

Sudita, K. (2014). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatanm Barong Mini dalam Pem-belajaran Seni Kerajinan Tangan . Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 2-3.

Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas Guru dalam Membuat Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas. As- Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,, 5(1), 43-56.

Zainal, Z., Hasnah, H., & Shasliani, S. (2020). PKM Pembuatan Alat Peraga Matematika. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4-6.

Downloads

Published

2022-04-15