Sosialisasi Pentingnya Investasi Sejak Dini Dengan Pengelolaan Keuangan Yang Baik Untuk Mempersiapkan Masa Depan Yang Mandiri

Authors

  • Diffa Putri Gustiawan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Enthy Sulistya Wulandari Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Perkembangan jaman dan tantangan hidup yang makin rumit membutuhkan persiapan diri yang matang, semisal melakukan penyesuaian pada perubahan yang terjadi pada dunia ekonomi, budaya, teknologi, dan lainnya. Ketika anak-anak tumbuh dewasa, para orang tua akan sadar pentingnya mengajari tentang uang saku dan bagaimana mengaturnya. Tetapi kebanyakan orangtua tidak mengajarkan anaknya tentang masalah uang di saat mereka masih kecil agar mencegah mereka menjadi materialis. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, kalau anak-anak tidak diajarkan masalah uang dari kecil, mereka akan menganggap bahwa uang datang begitu saja. Hal ini yang juga  dirasakan oleh para orang tua dari anak-anak di Taman Baca Peka. Tujuan utama kegiatan adalah memperkenalkan pentingnya investasi sejak dini dengan memotivasi anak-anak agar mampu mengelola uang dengan baik sedari dini. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi yang terbagi atas  4 tahapan yaitu: 1) pemaparan materi mengenai cara mengelola uang 2) praktik pembuatan celengan dari botol bekas 3) pengadaan lomba menghias celengan dari botol bekas 4) memberikan hadiah atau cendera mata. Berdasarkan hasil kegiatan ini, terjadi peningkatan minat menabung pada anak-anak Taman Baca Peka. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan baik bagi anak-anak maupun kami selaku penyelenggara kegiatan.

Kata Kunci: Investasi; Pengelolaan Keuangan; Masa Depan; Anak-anak Usia Dini

References

Anita Primastiwi, Uum Helmina Chaerunisak, A. D. H. (2021). Sosialisasi pengenalan investasi bagi kalangan milenial di Dusun Tirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Nurhidayah, N., & Dahlia, D. (2019). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana untuk Menumbuhkan Kepedulian Menabung pada Anak-Anak Pesisir Dalam di Desa Bonde, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 37. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.978

Nuringsih, K. (2020). Pendampingan Gerakan Indonesia Menabung Kepada POMG di Raudhatul Athfal Toufiqurrahman, Kelurahan Beji Timur Depok.

Rapih, S. (2007). No Title. PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK, 6, 14–28.

Romlah Abd Gani, A., & Fiska Soviah, O. (2019). Penyuluhan membangun kesadaran menabung sejak dini pada siswa SDN 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 6.

Saragih, F., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. 3(1), 14-20, 2020.

Yanti, S. N., & Mayar, F. (2022). Analisis Menggambar Doodle Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. 6(3), 2138–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2018

Published

2022-12-15