Upaya Menurunkan Tingkat Stress Siswa/i Yayasan Rumah Tahfidz Berkah Qur`an Yatim Dan Dhuafa Akibat Belajar Online Melalui Teknik Coloring Pada Tas Lukis

Authors

  • Mulang Agung Santoso Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Rizky Ramdhani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Reza Haliza Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Virda Mutiara Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Anak-anak dan siswa yang masih labil secara fisik dan mental seringkali mengalami stres. Harapan yang terlalu tinggi terhadap prestasi akademik siswa, pekerjaan rumah yang tidak sesuai dengan kemampuannya, masalah dengan teman sebaya, dan kelelahan kelas dapat menyebabkan stres akademik. Stres akademik bukanlah masalah baru bagi siswa, namun tampaknya Indonesia belum banyak melakukan upaya untuk mengatasi stres akademik siswa. Apalagi sekarang pandemi Covid-19 memaksa terjadinya perubahan teknik pembelajaran diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan Teknik pembelajaran yang dipakai adalah teknik daring (online). Maka dari itu tim pengabdian masyarakat melakukan pengabdian kepada siswa/i di Yayasan Rumah Tahfidz Berkah Qur'an Yatim dan Dhuafa yang berlokasi di Tangerang Selatan mengenai upaya menurunkan tingkat stres siswa/i akibat belajar online. Upaya menurunkan tingkat stres yang dilakukan berupa kegiatan melukis teknik coloring yang dilakukan dengan media tas kanvas. Pengabdian dilakukan kepada 13 siswa/i dan 1 guru pendamping. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat stres siswa/i mengalami penurunan dan dapat menambah ikatan pertemanan antar siswa/i. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menyadarkan semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan tingkat stres yang dialami siswa/i akibat belajar online dan dapat berkontribusi dalam upaya menurunkan tingkat stres yang dialami oleh siswa/i sekolah.

Kata kunci: P(m)KM, Yayasan, upaya menurunkan tingkat stress.

References

Barseli, Mufadhal., Ifdil, Ifdil., & Fitria, Linda. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5 (2),95-99.

Chaterine, R. N. (2020, March 18). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anakanak stres dikasih banyak tugas. Detik News.Retrievedfrom

https://news.detik.com/berita/d4944071/siswa- belajar-dari-rumahkpaianak-anak-stres-dikasihbanyak-tugas.

Halim, F.., & Nofriati, E. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN COLORING FAMILYDI TK IDHATA MATANG LUMPANGDUA BIREUEN. RAMBIDEUN: Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33 - 35.

Jatira, Yadi & S, Neviyarni. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring dimasa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3. 35-43.10.31004/edukatif. v3i1.187.

Kumala, D., & Ahya, I. N. (2021). Juri Lomba Mewarnai Rumah Impian dan Lomba Fashion Show Tingkat SD Dalam Rangka Open House Perumahan Relife Greenville di Cileungsi : (Membangkitkan Imajinasi Kreativitas Anak). Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 187–193.

Melinda, None (2013) PENGARUH MELUKIS TEKNIK FINGER

PAINTING TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Penelitian Kuasi Eksperimen di TK Kristen BPK Penabur Guntur Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Shokiyah, Nunuk Nur and Syamsiar, Syamsiar (2019) TERAPI

MELUKIS UNTUK MEMBANTU MENURUNKAN DEPRESI PADA

REMAJA. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta.

Sitanggang, Nurul Cindy Paramita Asdi., Azmi., Azis, Adek Cerah Kurnia., 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Buah Teknik Krayon. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) ISSN 2622-3740 (Online) Vol 3, No. 1, Agustus 2020: 171 -177.

Downloads

Published

2022-12-13