Pengurangan Pengaruh Negatif Gadget Pada Remaja Dan Anak-Anak Serta Peningkatan Kegatan Positif Membaca

Authors

  • Alfira Putri Sahid Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Devi Erfayanti Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Winda Agustina Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Windi Agustini Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Pada masa era teknologi ini banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan hanya menggunakan gadget, yang pada dasarnya dimiliki oleh hampir semua kalangan termasuk pada kalangan anak-anak. Para orang tua sangat mewajarkan tentang para anak-anak yang mneggunakan gadget tersebut, namun apakah dengan memberikan akses seutuhnya pada anak membuat mereka dapat memutuskan untuk menggunakan gadget dengan baik ? Dengan perihal inilah kami mengadakan pengabdian masyarakat pada sekolah yaitu di SDN Perumnas 3 Tangerang. Untuk memberikan wawasan atau pembelanjaran seberapa pentingnya membaca dan juga mengurangi kecanduan akan gadget. Metode Pengabdian yang digunakan dalam pengabdian ini dengan menggunakan metode ceramah dengan teknik presentasi materi dan pejelasan mengenai dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak, serta cara meningkatkan kegiatan positif. Hasil yang ditemui yaitu ternyata banyak dari mereka yang merasa malas serta ketidaktarikan terhadap buku yang mana merupakan hal kecil namun bermakna besar. Dari kegitan ini Bersama kita mengajak serta mengedukasi anak-anak tentang menariknya membaca, meningkatkan kegiatan positif serta memberikan informasi tentang pengaruh negatis apa saja bila anak terlalu bergantung kepada gadget. Dengan pengandian masyarakat yang telah dilakukan ini, diharapkan dapat mengimplementasikan kembali pada kalangan sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas.

Kata Kunci : Gadget, Membaca, teknologi

References

, B. I. (2013). Desain Penelitian Tindakan Kelas artikel Jakarta: Ditjen Manajemen DIKDASMEN, Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Aswandi, (2006). Guru Sebagai Peneliti

Bank Indonesia. (jakarta 2011). Paper Kajian Mengenai E-Money Bank Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pedoman Block Grant Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat

Profesi Pendidik.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pedoman Block Grant Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Profesi Pendidik.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2008). Paduan Penyusunan Perangkat Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas. Rustam

Mundilarto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari

Supriyadi 2005. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Diakses dari www.akhmadsudrajat.wordpress.com

pada tanggal 15 November 2007.).

LPPM. (2016-2020). Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Abdurrab.

Yogaprmudita, B. (Yogyakarta, 2015). Tinjauan Yudiris Tentang uang Elektronik di Indonesia. Tesis pada Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2022-12-13