Edukasi Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Belajar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Online

Authors

  • Dini Fajriyati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Elis Santika Dewi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Verawati Siagian Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Indah Mutiara LumbanGaol Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Media Sosial adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi dan melakukan aktivitas sosial bagi penggunanya. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai fungsi dan manfaat dari media sosial, maka tujuan Pengabdian ini antara lain mengharuskan masyarakat untuk cerdas dalam memanfaatkan kemudahan dan keefektifan penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran tersebut, karena berbagai inovasi digital pada berbagai bidang membuktikan bahwa masyarakat juga turut andil dalam perkembangan zaman yang semakin modern. Dalam kegiatan pengabdian ini metode yang digunakan yaitu sosialisasi dengan cara menjelaskan fungsi, kelebihan dan kekurangan dari media sosial juga melakukan pelatihan dalam menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran. Setelah dilaksanakan nya kegiatan pengabdian ini, anak-anak menjadi lebih paham mengenai cara menggunakan media sosial dengan baik sehingga mereka mampu berkreativitas sesuai keinginannya, mampu menciptakan ide-ide baru dan anak-anak menjadi lebih senang dengan pembelajaran menggunakan media online. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membantu para pengurus dan anak-anak Yayasan Panti Asuhan Cikal Mandiri Karang Tengah dalam memahami dan memanfaatkan teknologi terbaru yaitu penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran berbasis online.


Kata Kunci: Pelatihan, Media Sosial, Media Pembelajaran

References

Andayani. (2011). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka, Jakarta.

Anshori, s. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya.

Apriansyah. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pada mahasiswa perguruan tinggi di sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 64.

Assidiq. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai alternatif media pembelajaran berbasis literasi digital yang interaktif dan kekinian. Jurnal Pendidikan, 242-246.

Basit, Abdul, & Sari. (2020). Media sosial Instagram Sebagai media Informasi edukasi . Jurnal Persepsi Komunikasi.

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jurnal PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Marida. (2011). Komputer dan Media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Universitas Terbuka.

Moto. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan . Journal of primary Education, 20.

Rubiyanti, Astori, Muhammad, & Wicaksono. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas belajar pada remaja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-8.

Sadiman, A. (2006). Media Pendidikan, Pengantar Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jurnal PT. Raja Graffindo Persada.

Published

2022-12-13