Menciptakan Adaptasi Pada Kebiasaan Baru Yang Semangat Terhadap Pendidikan Anak-Anak Yang Menyenangkan Dan Terampil

Authors

  • Georgius Jendoyo Putro Momi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Kemaludin Rahmat Fajar Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Krisanti Widyastuti Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Romario Miguel Louigis Say Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Pada zaman serba teknologi seperti sekarang ini, masih banyak orang tua yang kurang memperhatikan kualitas pendidikan anak-anak mereka terutama anak-anak usia sekolah dasar. Penyampaian yang baik dibutuhkan agar pengetahuan dapat melekat dan dipraktikkan oleh anak-anak. Perkembangan teknologi menyebabkan anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di depan televisi atau bermain video game. Selain itu, sempitnya lahan terbuka di perkotaan menjadikan tempat bermain bagi anak-anak menjadi berkurang. Adanya PMKM ini kami selaku mahasiswa/i UNPAM melakukan kegiatan dengan memberikan pemahaman tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan saat ini dan menciptakan pola pikir yang baru dalam sistem belajar yang menyenangkan. Mahasiswa juga mengenalkan kepada siswa SD dan PAUD di KB FILIA tentang menjaga lingkungan sejak dini, merupakan langkah awal yang harus ditanamkan disetiap pribadi masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan materi dan mempraktekan secara langsung, sehingga mengembangkan kreatifitas dan imajinasi siswa. Sehingga menghasilkan barang berupa vas bunga plastik untuk anak SD dan origami ulat untuk anak PAUD. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari PMKM, kesimpulan yang bisa kami ambil adalah untuk mencapai semangat belajar yang tinggi di jaman modern ini, para orang tua juga harus bisa mengawasi dan mensuport anak dalam mengakses pembelajaran-pembelajaran di internet. Saran yang dapat disampaikan yaitu dengan kebiasaan mengedukasikan kepada anak-anak tentang dunia pendidikan yang baik dan benar maka ada inovatif yang tergerak dari individu mereka, hal ini dapat dilakukan melalui mencari tau kepribadian ataupun karakter masing-masing anak.

Kata Kunci: Kualitas Pendidikan; Perkembangan Teknologi; Pendidikan Berkarakter; Kegiatan; Vas bunga dan origami; Pencapaian; Peneliti

References

Agung Tri Harso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200

Mulyati, S. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada anak. Asian Journal of Inovation and Entrepreneurship, 2(02),, 124-129.

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas anak melalui bermain. Aplikasi:

Jurnal Aplikas Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27.

Suratno. (2012). Pengembangan kreativitas Anak Usia Dini. .Jakarta: Depdiknas,.

Yeni Rachmawati, E. K. (2013). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Yusriana, A. (2012). Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak-anak. Jogjakarta: Diva.

Lestari, I. S. (2012). Pembelajaran Kreatif. Yogjakarta: Andi.

Published

2022-12-13