Pelatihan Penggunaan Uang Digital Bagi Siswa Yayasan Ikhlas Salman Al Farisiy Serang

Authors

  • Veratika Veratika Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Suhanah Suhanah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Rapindo Banjarnahor Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Alian Syaifullah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Sesuai namanya, mata uang digital hanya tersedia dalam bentuk digital atau elektronik. Mata uang digital juga sering disebut sebagai electronic currency, atau cyber cash. Mata uang digital tidak berwujud dan hanya bisa ditransaksikan menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet. Layaknya uang konvensional, uang digital dapat digunakan untuk beli barang serta bayar layanan dan tagihan tertentu. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai fungsi dan manfaat dari uang digital, maka tujuan Pengabdian ini antara lain mengharuskan masyarakat untuk cerdas dalam memanfaatkan kemudahan dan keefektifan penggunaan uang digital tersebut. Karna berbagai inovasi digital pada berbagai bidang membuktikan bahwa masyarakat juga turut andil dalam perkembangan zaman yang semakin modern. Berdasarkan hal tersebut kami tim PMKM dari Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang mencoba memberika sosialisasi tentang cara penggunaan Uang Digital di Era Modern dan Masa Pandemi kali ini yang berimplikasi terhadap membangun mindset siswa siswi menuju tingkat pemberdayaan yang mampu memberdayakan potensi diri. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membantu para pengurus dan siswa-siswi Yayasan Ikhlas Salman Al Farisiy dalam memahami dan memanfaatkan teknologi terbaru yaitu penggunaan uang digital.
Kata Kunci : Pelatihan, Uang, Digital

References

, B. I. (2013). Direktoral Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan tinggi. Edisi IX.

Akbar, A. (2006-2017). Kriptografi dalam Sistem Uang Elektronik. Electronic Money Sistem.

Bank Indonesia . (jakarta 2011). Paper Kajian Mengenai E-Money Bank Indonesia.

Davison. (2014). A.,The Law and Application Of Electronic Commerce In Relation to Banking an Finance. University of Queesland .

Dikti. (2015). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Edisi X.

Jurnal Bank Indonesia. (Nomor 11/12/PBI/2019). Uang Elektronik (Elektronic Money).

LPPM. (2016-2020). Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat . Universitas Abdurrab.

Yogaprmudita, B. (Yogyakarta, 2015). Tinjauan Yudiris Tentang uang Elektronik di Indonesia. Tesis pada Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Published

2022-12-15