Memanfaatkan E-Commerce Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Di Smk Nida El-Adabi
Abstract
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia meningkat pesat dari hari ke hari. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari perluasan area cakupan internet, peningkatan bandwidth internet, penggunaan teknologi internet dan komunikasi terbaru yang lebih cepat dan efisien, perkembangan ponsel pintar, munculnya berbagai macam media sosial dan e-commerce, serta semakin banyaknya masyarakat yang paham dan aktif menggunakan internet. Saat ini peranan teknologi informasi berpengaruh dalam dunia ekonomi khususnya dalam hal penjualan online atau dikenal e-commerce. SMK Nida El-Adabi merupakan sekolah menengah kejuruan dengan 2 program studi yaitu jurusan Teknik Pemesinan (TP) dan Multimedia. Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membangun minat kepada Siswa yang notabene kaum muda milenial untuk dapat mempunyai bisnis sendiri. Metode kegiatan ini dilakukan secara langsung di lapangan, dokumentasi langsung dengan pihak sekolah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa Siswa-Siswi SMK Nida El-Adabi adanya minat dalam mencoba memulai bisnis secara dini dimana hasilnya bisa menjadi tambahan uang jajan dengan memanfaatkan media sosial atau e-commerce. Sebaiknya mulai dari sekarang mari kita belajar bersama dan memulai berbisnis dengan memanfaatkan E-commerce dan media sosial sebagai media promosi dalam mengembangkan usaha kecil, karena di era sekarang lebih mudah memulai berbisnis dengan memanfaatkan media sosial dan internet.
Kata Kunci: E-Commerce, Internet, Media Sosial.
References
Darnis, F., & Azdy, R. A. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. SINDIMAS, 1(1), 275-278.
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 2(1).
Mukhsin, M. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Teknokom, 2(1), 1-10.
Purnamasari, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Analisis Peluang E-commerce Dalam Pengembangan USAha Mikro, Kecil, Dan Menengah Produk Batik.(Studi Kasus Pada USAha Batik Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 42-49.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4-1.