Stimulasi Kecerdasan Psikomotorik Anak Melalui Kreativitas Pembuatan Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dalam Menanggulangi Sampah Plastik
Abstract
Sampah botol plastik merupakan salah satu jenis sampah organik yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Peningkatan penggunaan botol plastik sekali pakai dapat menyebabkan kenaikan jumlah sampah plastik secara signifikan dan dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Salah satu cara untuk mengatasi sampah botol plastik yaitu dengan memanfaatkan botol plastik menjadi sesuatu yang bernilai. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini botol plastik digunakan sebagai media untuk melatih psikomotorik dan kreativitas anak dengan membuat kerajinan tempat pensil dari botol bekas. Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan kepada anak-anak sedini mungkin. Tujuan berikutnya yaitu diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan psikomotorik anak terhadap pengolahan sampah botol plastik menjadi sesuatu yang bernilai.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut digunakan metode yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Pelatihan dilakukan dengan metode sosialisasi, tanya jawab dengan para peserta dan demonstrasi pembuatan tempat pensil. Subjek dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah anak-anak di TPA Al Munawwaroh dengan peserta sejumlah 11 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak di TPA Al Munawwaroh memberikan respon yang positif dan antusias mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bahwasanya masih banyak barang bekas lainnya yang bisa dimanfaatkan kembali khususnya barang-barang yang terbuat dari dari botol pastik. Kegiatan ini juga bisa menjadi contoh bagi pendidik dalam melatih kreativitas anak-anak melalui media pembelajaran yang menyenangkan.
Kata Kunci : Sampah Botol Plastik; Tempat Pensil; Psikomotorik Anak; Kreativitas; Media Pembelajaran.
References
Abdullah, & Marvira, R. (2014). Analisis Keterampilan Psikomotorik Dalam Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 8 Banda Aceh. JESBIO, 3(5), 25–27.
Baqiroh, N. F. A. B. (2019). Timbunan Sampah Nasional Capai 64 Juta Ton Per Tahun.
Buntojo, I. S. P. (2019). Meningkatnya Tren Kesadaran Lingkungan Dengan Mengurangi Penggunaan Plastik.
Handoyo. (2019). Sampah Plastik Menunjukkan Tren Peningkatan Dalam 10 Tahun Terakhir.
Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1).
Mawaddah, N. N. (2016). Strategi Adaptasi Pemulung tehadap Dampak yang Ditimbulkan Tempat Pembuangan Akhir(TPA) Sampah Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Saputri, N., Adlim, & Rahmayani, R. F. I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Untuk Praktikum Kimia Dasar. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 114–124.
Sardiman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.