Mengembangkan Minat Anak-Anak Pondok Pesantren Raudhotul Huffazh Mengenai Pentingnya Kebiasaan Menabung Dengan Cara Menghias Celengan Bersama
Abstract
Setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi kreatif sejak lahir tanpa terkecuali. Namun setiap manusia memiliki potensi kreatif yang berbeda-beda. Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru, baik yang benar-benar baru, maupun modifikasi atau perubahan dengan menggabungkan hal-hal yang sudah ada. Menabung merupakan hal yang sangat umum di kalangan masyarakat. Menabung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menyimpan sebagian dari uang yang dimiliki. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini adalah mengenai pentingnya kebiasaan menabung dengan cara menghias celengan bersama yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sasaran dari kegiatan ini adalah para santriwan dengan usia siswa yang duduk dibangku SMP dan berjumlah 17 - 20 santri. Program pengabdian ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 yang bertempat di Pondok Pesantren Raudhatul Huffazh Jl. Kemiri II No.48, Pd. Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pemaparan tentang pentingnya menabung dengan cara menghias celengan bersama. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan mengenai pentingnya menabung dan membiasakan diri untuk menyisihkan uang sakunya dan di masukkan ke dalam celengan yang telah mereka hias bersama. Untuk kegiatan pengabdian berikutnya diharapkan dapat memberikan pelatihan yang berkelanjutan mengenai pemahaman betapa pentingnya menabung kepada objek atau sasaran lain.
Kata Kunci: Kreativitas, Menabung, Menghias Celengan
References
Adhani, D. N., & Hanifah, N. (2017). Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain warna (Penelitian Tindakan Kelas pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 107 Khodijah Kramat Duduksampeyan). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 64-75.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200.
Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah, F. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal keluarga sehat sejahtera, 15(2), 46-56.
Ludiana, N., & Rosita, R. A. (2020, January). upaya meningkatkan semangat menabung pada siswa-siswi sdn gumeng melalui metode wa’nakeb. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 2, pp. 147-152).
Mulyati, S. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(02), 124-129.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27.
Syaiful, S., Suwarno, S., Perdana, A., & Aris, A. (2020). Gerakan Menabung Sejak Dini Dengan Media Bahan Bekas Sebagai Aplikasi Kreatif Celengan Anak Bersama Siswa Siswi Sdn Wotansari Balongpanggang–Gresik. DedikasiMU: Journal of Community Service, 2(1), 166-173.