Pengenalan Dan Membangun Minat Dalam Berbisnis Melalui Media Sosial/Online Di Era Sekarang Kepada Siswa/I Smk Nida El-Adabi
Abstract
Media sosial/online merupakan media online yang mendukung interaksi sosial. Salah satu peluang besar yaitu mempunyai bisnis dan melakukan kegiatan promosi melalui media sosial untuk bisnis online. Banyak siswa/siswi di era sekarang yang menggunakan sosial media hanya untuk kesenangan saja dan tidak memanfaatkannya. SMK Nida El-Adabi merupakan sekolah menengah kejuruan dengan 2 program studi yaitu jurusan Teknik Pemesinan (TP) dan Multimedia. Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membangun minat kepada Siswa yang notabene kaum muda milenial untuk dapat mempunyai bisnis sendiri. Metode kegiatan ini dilakukan secara langsung di lapangan, dokumentasi langsung dengan pihak sekolah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa-siswi SMK Nida El-Adabi bahwa siswa-siswinya semakin memahami berbisnis melalui media sosial dan manfaatnya dan sudah adanya minat dalam mencoba memulai bisnis secara dini dimana hasilnya bisa menjadi tambahan uang jajan. Maka dari itu sebaiknya sering diberi motivasi dan diperkenalkan manfaat dalam membangun minat dalam berbisnis melalui media sosial/online sehingga banyak yang memiliki minat tersebut.
Kata Kunci: Membangun Minat; bisnis; Media Sosial
References
Dhian Herdhiansyah, A. K. (2020). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kendari Melalui Prlatihan Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Kripik Kulit Singkong. Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 49-55.
Joesyiana, K. (2019). Penggunaan Media Online Shop Dalam Bisnis Pada Wirausaha Wanita. Jurnal Valuta, 5(2), 65-80.
Moriansyah, L. (2015). PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL: ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 187-196.
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Jurnal Ilmiah Semarak, 2(1), 31-43.
Purbohastut, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa EKONOMIKA, 12(2), 212-231.
R. Agus Baktiono, I. P. (2016). Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical. Jurnal Manajemen Kinerja, 2(2).
Rusdiono. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(2), 195-202.
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, 8(2), 123-138.
W, A. C. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 96-102.