Sosialisasi Kewirausahaan Berbasis Online Untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Kreativitas Siswa/I

Authors

  • Dona Listianawati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Aqil Rosyid Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Bella Bella Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Sheila Ardianti Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga ke tahun kedepannya. Penggunaan Internet selalu digunakan diberbagai bidang kehidupan. Internet tersedia untuk semua orang, termasuk wirausahawan untuk upaya pengembangan bisnisnya. Terdapat banyak wirausahawan yang bisa mengandalkan bisnis dari transaksi internet. Dalam kurikulum pendidikan 2013, kewirausahaan diajarkan kepada seluruh siswa SMA/K dengan tujuan membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku siswa menjadi seorang wirausahawan sejak dini. Untuk mendukung program pemerintah ini dan memanfaatkan kemudahan teknologi, pelatihan dasar bisnis online hanya menggunakan handphone yang saat ini sangat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Pelatihan dilaksanakan di SMAN 17 Kab. Tangerang dengan jumlah 22 siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan pemaparan materi, diskusi, dan diakhiri dengan tanya jawab. Kegiatan ini membawa pengaruh positif berupa pengetahuan dan wawasan tentang bisnis online sehingga siswa/i dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Hal ini dapat diketahui dari antusias mereka terhadap materi yang disampaikan. Sasaran dalam kegiatan ini antara lain siswa/i mengetahui pemahaman tentang bisnis online dan termotivasi untuk memulai bisnis melalui e-commerce. Selain itu siswa dapat menjadi lulusan yang memiliki keterampilan dalam berbisnis

Kata Kunci: Kewirausahaan; Pemasaran Online; Bisnis

References

Gunawan, A. 2020. Pelatihan Digital Entrepreneurship

Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma. Volume 1 (1): 38-45

Ayem, S., Putry, NAC., Fathiyannida, S., & Anisa, DAN. 2021. Strategi Pemasaran Online Bagi Masyarakat Dusun Kamijoro.

Volume 4 (1): 1-6

Ernawati, D. & Tranggono. 2021. Sosialisasi Penerapan ECommerce Tingkat Pemula Pada Siswa SMA Di Surabaya. Jurnal Abdimas Dan Ilmu Rekayasa. Vol. 01 No. 01 (2021): 14-19.

Aswari, Gita Dini. 2016. PengaruhPendidikan Kewirausahaan

Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Kelas X

Akuntansi SMK Swasta EriaMedan Tahun Pelajaran 2015/2016.Thesis. Medan.

Aflahah. 2019. Pelatihan Kewirusahaan Berbasis Internet : Tips dan Trik Sukses Berbisnis Online Bagi Remaja Milenial di Desa

Kaduara Barat Pamekasan. Vol. 1 No. 2 (2019).

Anggraeni, Bety., Harnanik. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat

Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal

Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. X No. 1 (2015): 42 – 52.

Hurlock, B. (2007). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjamg Rentang Kehidupan. Ed. 5.Jakarta: Erlangga.

Khansa, A. Z., Ayuningtyas, N., & Jumhur, A. A. (n.d.). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINATDALAM BERWIRAUSAHA SALON MELALUI EFIKASI DIRI.

Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 6-9.

Irda. 2019. Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan

Lingkungan Keluarga terhadap Minat Wirausaha Siswa SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Makassar.

Triani, ANN., 2012. Penerapan Strategi It E-Commerce

Sebagai Peningkatan Persaingan Bisnis Perusahaan. Akrual 3 (2) (2012): 209-2224

Downloads

Published

2022-10-29