Pelatihan Pembuatan Aneka Ragam Kerajinan Dari Sedotan Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Jiwa Kewirausahaan Anak-Anak Panti Asuhan Dompet Yatim Dan Dhuafa Pamulang

Authors

  • Cin dy Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Oktapiani br Bangun Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Muhammad Kursy Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Michael Persadanta Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Saat ini jumlah sampah yang menumpuk sangatlah banyak dan merusak pemandangan juga dapat menganggu kelestarian alam dan juga kesehatan. Penumpukan sampah terjadi karena belum tepatnya pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, apalagi kegiatan masyarakat sekitar yang menghasilkan sampah akan membuatnya semakin menumpuk terutama sampah berbahan plastik seperti sedotan akan memakan waktu yang cukup lama untuk terurai di tanah sedangkan penggunaan sedotan dalam masyarakat semakin tinggi tiap harinya ditambah jumlah ragam minuman yang menggunakan sedotan.semakin beragam penggunaan sedotan maka sampah sedotan semakin banyak, dan sulit ditangani karena itu perlu adanya usaha masyarakat dalam mengelola sampah tersebut. Jika sampah bersifat organik maka dapat dijadikan pupuk, dan jika non-organik maka dapat di daur ulang atau membuat kerajinan yang bisa bernilai jual. Kegiatan ini (1) bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terutama anak-anak kecil di panti asuhan Domyadhu untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama sampah plastik dan (2) memberikan edukasi bagaimana bisa sampah tersebut diolah menjadi sesuatu yang menarik dan bahkan bisa memiliki nilai jual

Kata Kunci : Sampah, Kerajinan, Nilai Jual, Daur Ulang

References

Asia, J. (2018, September 21). 93 Juta Sedotan Plastik Dipakai Setiap Hari. Retrieved from jurnalasia.com: https://www.jurnalasia.com/nasional/93-juta-sedotan-plastik-dipakaisetiap-hari/

Damanhuri, E. (2004). Diktat,Pengelolaan Sampah.

Nasution, S. R., Rahmalina, D., Sulaksono, B., & Doaly, C. O. (2018). IbM: PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI KERAJINAN TANGAN DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6 (2), 117-123.

Putra, H. P., & Yurianda , Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 2 (1), 22-31.

Idrus, S., Gede, I. P., Par, M., Purwata, I. K., SH, M., & Muvid, M. B. (2020). Membangun Ekonomi Kreatif Melalui Usaha Sedotan Bambu dan Kerajinan Lokal: Upaya Meminimalisir Polusi Sampah Plastik di Indonesia. Global Aksara Pers.

Maliki, S., S, R. A., & Subang, Y. (2021). Pelatihan Kreativitas Dalam Penggunaan Daur Ulang Sampa Dari Sedotan Di Pesantren Penghafal Al-Quran Darul Furqon Ramadhan Bogor. 1(2).

Sunandar, A. P. (2020). Sosialisasi Pengurangan Penggunaan Sedotan Plastik Di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.

Suryani, H., & Suryana, S. (n.d.). Kreasi Tas Motif Lontara dari Limbah Sedotan Plastik. 48–53

Downloads

Published

2022-10-29