Pelatihan Memulai Usaha Online Shop (Menjadi Reseller/Dropshipper)

Authors

  • Nadia Rukyati Hasanah Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Deyan Rizki Amelia Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Di era pandemi seperti sekarang ini, menghasilkan uang sangatlah sulit. Banyak karyawan yang terpaksa diberhentikan karena perusahaan mengalami kerugian dari kekurangan pembeli karena pembatasan interaksi antar masyarakat yang diberlakukan. Kemudian, untuk menyiasati itu semua dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk tetap menghasilkan uang dalam masa pandemi seperti saat ini. Dan contohnya adalah dengan menjadi seorang wirausaha dari rumah melalui sistem reseller ataupun dropshiper. Akan tetapi, untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan keberanian dan pengetahuan mengenai hal yang akan dikerjakan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membuka pemikiran mahasiswa/i dan para ibu rumah tangga bahwa untuk memulai wirausaha tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak modal, hanya dibutuhkan keberanian dan niat untuk menjadikan usaha tersebut berjalan. Metode pelatihan yang kami gunakan adalah dengan menyampaikan materi kepada mahasiswa/i dan para ibu rumah tangga secara daring melalui google meet dan hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa/i dan para ibu rumah tangga menyadari bahwa untuk menjadi seorang reseller ataupun dropshiper tidak sesulit yang dibayangkan, karena pada era modern seperti sekarang ini banyak e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll yang dapat memudahkan wirausaha pemula untuk melakukan usaha secara online dengan jangkauan pembeli yang luas dan hal tersebut bagus bagi keberlangsungan wirausaha.

Kata Kunci: Wirausaha; Reseller; Dropshipper

References

Abdurohman, D., Meryati, A., Aprilliani, S., Nurhamdi, M., & Sawukir, S. (2021). MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA

SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI

KELUARGA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN CIPUTAT. DEDIKASI PKM, 2(3), 355-360.

Berata, B. M. B. A., & Widiatedja, I. P. (2016). Perlindungan Hukum terhadap Pelaku Usaha Terkait Wanprestasi yang Dilakukan Konsumen dengan Cara Hit and Run. Kertha Semaya, 4(01).

Damayanti, A. (2020). ANALISIS MEKANISME RESELLER DAN

DROPSHIPPER DALAM BISNIS ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI ULFA HIJAB

STORE TULUNGAGUNG). EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah

& Bisnis Islam, 7(02), 73-97.

Dumilah, R., Sunarto, A., Ahyani, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26-33.

Kresna, A., & Ahyar, J. (2020). Pengaruh physical distancing dan social distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan

linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14-19.

Nabilla, N. U., & Hidayat, S. (2021). Pengembangan Business

Intelligence pada Sistem Informasi Distributor. AUTOMATA, 2(2).

Octafiani, A., Janah, M., Romahdoni, M. A., Qotrunnada, S., & Pratiwi, Z. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Menjadi Pengecer Dengan Menggunakan Penentuan Harga Jual Yang Tepat. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.

Rie, (2014, Desember 19). E-Commerce. Diambil kembali dari BPPTIK: https://bpptik.kominfo.go.id/2014/12/19/645/e-commerce/

Sari, A. G. (2020). Kebijakan pemberlakuan karantina wilayah

sebagai antisipasi penyebaran corona virus ditinjau dari undangundang no. 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan

kesehatan. Transparansi Hukum, 3(2).

Statistik, B. P., & Negeri, K. D. (2021). Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik.

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 555-564

Downloads

Published

2022-10-29