Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Sarana Pemasaran Online

Authors

  • Afifa Rizky Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Ing Wulan Maruti Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Herliana Apriyanti Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Aditya Rama Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut masyarakat untuk mampu terus beradaptasi dengan berbagai perubahan. Salah satu dampak dari perubahan tersebut bisa terlihat dari segi aktivitas ekonomi. Aktivitas ekonomi masyarakat saat ini, didominasi dengan peran dari kemajuan teknologi salah satunya adalah dengan kehadiran marketplace sebagai sarana jual-beli online. Ditambah, kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat mengenai marketplace Shopee sebagai sarang pemasaran online yang memungkinkan masyarakat mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Metode pengabdian kami adalah menyampaikan materi kepada masyarakat dan mahasiswa yang dikemas dalam sebuah mini seminar secara daring. Hasil dari kegiatan pengabdian ini masyarakat yang sebelumnya hanya mengetahui kegunaan Shopee dari sisi sebagai seorang pembeli, namun saat ini, masyarakat juga memiliki pengetahuan mengenai kegunaan Shopee sebagai marketplace yang dapat digunakan sebagai sarana pemasaran online. Dengan terlaksananya pengabdian ini, kami sebagai mahasiswa berharap masyarakat dapat mengimplementasikan apa yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini dan dapat memberikan kontribusi dalam segi perekonomian.

Kata Kunci: Marketplace; Shopee; Sarana pemasaran online

References

Agus Wibowo. (2011). Pendidikan Kewirausahaan, Konsep dan Strategi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan ECommerce Sebagai Media Pemasaran

Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2),75.

Retrieved from https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.60

Apriadia, D., & Saputra, A. Y. (2017). ECommerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi.

DW. (2021, Mei 5). Studi PBB : Penjualan Online Melonjak Tajam di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved Desember

, 2021, from DW.com: https://www.dw.com/id/studi-pbbtahun-2020-penjualan-online-melonjaktajam/a-57423107

Handayani, I. (2021, September 3). Bisnis Online Tetap Berkembang di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved Desember

, 2021, from Beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/gayahidup/822809/bisnis-online-tetapberkembang-di-masa-pandemi-covid19

Pink, B. (2021, November 13). Platform ecommerce laris manis selama pandemi Covid-19. Retrieved Desember 25,

, from Kontan.co.id: https://newssetup.kontan.co.id/news/plat

form-e-commerce-laris-manis-selamapandemi-covid-19?page=all

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar

. Jurnal Pemasaran.

Wahyuni, N., Mutaqin, A. I., & Gunawan, A. (n.d.). PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH CILEGON.

Downloads

Published

2022-10-29