Upaya Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Dengan Meningkatkan Kreativitas Seni Dan Sistem Motorik
Abstract
Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak harus menjadi perhatian lebih bagi orang tua apalagi di masa pandemi covid- 19 sekarang ini. Keberadaan mereka yang setiap harinya ada di rumah membuat para orang tua memilih membiarkan mereka sibuk dengan gadget di tangannya, hal ini lah yang menjadi alasan kenapa anak-anak menjadi kecanduan. Untuk itu lah pengabdian masyarakat ini penulis lakukan untuk memberikan solusi kepada anak-anak untuk mengurangi penggunaan gadget dengan cara melukis di media cangkir.
Kata Kunci : Kecanduan Gadget, Anak Usia Dini, Pandemi, Kreativitas Seni, Sistem Motorik
References
Abdu, S., Saranga, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan.Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59.
Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Dasopang, M. D., & Lubis, A. H. (2021). Perempuan-Perempuan Tangguh Penjaga Nilai-Nilai Keislaman Anak: Studi Daerah Minoritas Muslim. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 81-92. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.353
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86-97.https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Lubis, A. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together. Forum Paedagogik, 11(2), 127-143.
https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i2.2268
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780-791.
https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online Learning during the Covid-19 Pandemic: How is It Implemented in Elementary Schools? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1), 120-134. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618
Lubis, A. H., & Wangid, M. N. (2019). Augmented Reality-assisted Pictorial Storybook: Media to Enhance Discipline Character of Primary School Students. Mimbar Sekolah
Dasar, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v6i1.16415
Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159-164. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam
Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.
Wolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson Education Inc.
Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1),
-392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843
Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 143-149.