Meningkatkan Kreativitas Anak Panti Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Meronce Manik - Manik

Authors

  • Mochamad Choirul Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Annisa Fitriyani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Desta Ulviana Sandy Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Winda Raniyah Ramadhani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Pada hakikatnya, penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang ditujukan untuk Pengabdian Kepada Masyarakat. Penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak panti dimasa pandemi covid-19 melalui kegiatan meronce manik - manik. Penelitian ini bertujuan untuk melatih konsentrasi anak, merangsang kreativitas anak, melatih koordinasi mata dan jari tangan anak, mengenal konsep warna keserasian anak. Objek penelitian dilakukan di Jl. Raya kodam bintaro no. 45 Rt/Rw 005/004, pesanggrahan kota jakarta selatan, daerah khusus ibu kota jakarta. Penelitian dilakukan dengan cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau yang sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya. Dalam kegiatan pembelajaran senirupa yang dimaksud dengan Kreativtas meronce adalah kegiatan berkarya senirupa yang dilakukan dengan cara menyusun bagian-bagian bahan yang dapat dibuat benda hias atau benda pakai. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2021 dan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya produk kreatif berupa gelang, kalung, cincin, & bondu.

Kata Kunci : Meronce Manik - Manik; Produk kreatif; Nilai Estetika.

References

Mulyati S, Sukmawijaya A.A. 2013. Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2 (2):124-129.

Yansen A.C, Arsana I.M. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak

Asuh Untuk Menanamkan Nilai Kewirausahaan Di Panti Asuhan

“Rodhiyarul Jannah†Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 1 (2):206-220.

Hasno A, Abubakar S.R. 2018. Meningkatkan kemampuan

Kognitif Anak melalui Kegiatan Meronce Manik - Manik pada

Kelompok B RA Ar-Rasyid Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Jurnal Riset Golden Age Paud UHO. 1 (2):70-75

Zhafirah M.N, Bhilqisty A.L, Anindita N. 2020. Peningkatan Kreativitas SDM di Tengah Pandemi Bagi Generasi Millenial. Webinar Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0.

Fatiyana N. 2018. Hakekat Kegiatan Meronce pada Anak Usia Dini. http://niafatiyana02.blogspot.com/2018/05/hakekat-kegiatanmeronce-pada-anakusia.html?m=1. 23 November

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model pembukuan sederhana bagi usaha mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40-43.

Tulus TH Tambunan, UMKM di Indonesia (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009), hlm.1

Downloads

Published

2022-10-29