Penyuluhan Dan Edukasi Kesehatan Serta Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kreativitas (Pemanfaatan Limbah Sedotan Dan Botol) Pada Awal Tatap Muka Sekolah Di Sdn 04 Paninggilan

Authors

  • Salma Agista Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Defa Gustami Sukma Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Dzika Qotrunnada Elvariani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Aisatul Faziza Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia, karena tanpa kesehatan yang baik, maka manusia akan sulit menjalani aktivitasnya. Apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 kesehatan menjadi faktor utama dalam mencegah penyebaran COVID-19. Dengan menyebarnya COVID-19 berimbas kepada sektor pendidikan yaitu penutupan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain itu, akibat dari sekolah diliburkan juga membuat para siswa menjadi malas belajar dan tidak produktif. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memberikan motivasi belajar melalui kreativitas pemanfaatan limbah sedotan dan botol. Metode yang digunakan adalah penyuluhan atau sosialisasi kepada siswa berupa pemaparan materi terkait menjaga kesehatan, berkreasi dengan memanfaatkan limbah sedotan dan botol, dan tanya jawab di sela penyampaian materi dan akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini siswa jadi lebih memahami cara menjaga Kesehatan pada masa pandemi dan termotivasi untuk rajin belajar melalui kegiatan berkreasi.

Kata Kunci : Kesehatan, COVID-19, motivasi belajar, kreativitas

References

(n.d.). Retrieved Januari 2, 2022, from Repository Wima:

http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10201/2/BAB%20I.pdf

BANGGAI, S. 1. (2021). Tips Meningkatkan Semangat Belajar di

Masa Pandemi. Retrieved Januari 2, 2022, from SMPN 1 LUWUK

TIMUR KABUPATEN BANGGAI: https://www.smpnegeri1luwuktimur.sch.id/tips meningkatkansemangat-belajar-di-masa-pandemi/

Novia, D., Misnaniarti, Flora, R., & Tanjung, R. (2021). Analisis

Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pelaksanaan Program

Usaha Kesehatan Sekolah Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Kesehatan Komunitas. 7(2): 242.

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model pembukuan sederhana bagi usaha mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40-43.

Tulus TH Tambunan, UMKM di Indonesia (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009), hlm.1

Tamara, Riana Monalisa. 2016. Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap Peduli

Wirasasmita, R. H., Arianti, B. D. D., Uska, M. Z., Kholisho, Y. N., Wardi, Z., Gunadi, R. A. A., Parlindungan, D. P., Parta Santi, A. U., Aswir, & Aburahman, A. (2020). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2714–6286), 1–8.

https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2749.

Downloads

Published

2022-10-29