Mengembangkan Dan Meningkatkan Motivasi Anak Untuk Menabung Diusia Dini Di Asrama Cinta Yatim Piatu Dan Dhuafa Al-Ikhwaniyah

Authors

  • Yessy Mafuah Ayuandari Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Fuji Sulia Wati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Firda Listiana Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Natalia Sia Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Menabung sejak dini banyak manfaatnya. Apalagi jika sudah tertanam dalam kebiasaan baik ini dalam diri anak sejak dini. Hal ini akan bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya pada kebutuhan pendidikan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran anak-anak yatim piatu dan dhuafa melalui budaya menabung sejak dini dengan menyisihkan sebagian dari uang mereka agar ditabung kedalam celengan dengan harapan para anak-anak yatim dan dhuafa dalam melaksanakan kegiatan gemar menabung secara konsisten. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang sehingga dana yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu atau dalam keadaan mendesak. Menabung memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan. Menabung akan mengurangi sifat boros, dengan menabung kita juga akan belajar mengelola keuangan dengan lebih baik. Kegiatan yang dilakukan ini merupakan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikerjakan dalam rangkaian kegiatan PKM. Dengan melakukan beberapa kegiatan yang berguna untuk anak-anak yang berada di asrama cinta yatin piatu dan dhuafa Al-ikhwaniyah.

Kata kunci : Budaya, Menabung, Anak-anak

References

Ardiana, M. (2016). Kontol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruh nya Terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK Se Kota Kediri Meta. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 49(1), 59-75.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak. Scholaria, 6(2).

Seputar Pengetahuan, "Pengertian Menabung, Macam, Tujuan,

Manfaat dan Tipsnya Lengkap" Agustus 2019, [diakses pada 25

Januari 2021]

Paeno, P., Kasmad, K., Sunarsi, D., Maddinsyah, A., & Supiyan, D. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah

Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS: Jurnal

Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.

Seputar Pengetahuan, "Pengertian Menabung, Macam, Tujuan,

Manfaat dan Tipsnya Lengkap" Agustus 2019, [diakses pada 25

Januari 2021.

Superyou.co.id, "Selain Sukses, Ini 5 Manfaat Menabung Sejak Usia Dini", 29 May 2020, [diakses pada 25 Januari 2021].

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha

Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Akbar, I. R., Sunarsi, D., Salami, M. M., Sarwani, S., & Catio, M. (2021). Peningkatan Minat Wirausaha Pada Siswa SMK Muhammadiyah Parung Kabupaten Bogor. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2).

Downloads

Published

2022-10-29