Penanggulangan Bahaya Penyakit Scabies Di Yayasan Di Yayasan Al-Kamilah

Authors

  • Ambar Afriyani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Angelly Wijaya Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Dennis Syah Kirana Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Muhammad Iqbal Alamsyah Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Angka kejadian skabies berdasarkan penelitian-penelitian di Indonesia masih cukup tinggi. Scabies merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabei. Penyakit ini sering diabaikan karena dianggap tidak membahayakan nyawa manusia. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Yayasan Al-kamilah yang menunjukkan masih rendahnya pengetahuan para santri terhadap penyakit tersebut yang diakibatkan oleh kebersihan pribadi. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan santriwan dan santriwati mengenai penyakit skabies serta mengeliminasi kasus skabies yang ada. Pengabdian ini dilakukan melalui metode kegiatan pencegahan yang mengadopsi konsep NTG (2010) mengenai A Healthy Skin Program. Kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan para santri mengenai penyakit skabies dan para santri mampu melakukan tindakan pencegahan dengan cara menggunakan barang pribadi masing-masing. Dari hasil pengamatan dilapangan kegiatan penyuluhan kepada anak-anak pondok pesantren perlu diadakan secara berkelanjutan agar seluruh siswa mempunyai pengetahuan yang cukup dan dapat mempraktekkan dalam kehidupan keseharian mereka dalam upaya pencegahan penyakit kulit yang banyak mengenai santriwan maupun santriwati seperti skabies.

Kata Kunci : Pencegahan ; Bahaya Scabies ; Penanggulangan

References

Aminah, P. S. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku santri dengan kejadian skabies. (Vol. IV). J Mayority.

Brown RG., B. T. (2012). Lecture Notes Dermatology. Jakarta: Erlangga.

Djuanda, A. (2010). Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin Fakultas Kedokteran. Jakarta: Universita Indonesia.

Ratnasari, A. S. (2014). Prevelensi Skabies dan Faktor-faktor yang Berhubungan di Pesantren X. eJKI, II.

Sara J, H. Y. (2018). Scabies Outbreak Badewacho District, Southerm Ethiopia. Unmatched Case Control Study, 1-10.

Thomas J, P. G. (2015). Scabies: an ancient global disease with a need for new therapies. 1-6.

UD., H. (2014, September). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Skabies Di Pondok Pesantren Mlangi Nogotirto Gamping SLeman Ypgyakarta. Jurnal JKKI, VI.

Van der Linden N, v. G. (2019). A systematic review of scabies transmission models and data to evaluate the cost effectiveness of scabies interventions. 1-18.

World Health Organization. (2022, November 5). Retrieved from Neglected tropical disease: https://www.who.int/neg;ected_diseases/diseases/scabies/en/

Downloads

Published

2023-04-01