Model Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Lisna watia Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Sartika Afriani Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Lastarina Marbun Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Hani Sukma Anderad Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan karakter. Salah satu karakter yang harus dibentuk sejak dini adalah karakter cinta lingkungan, yang bertujuan untuk melatih anak agar dapat mencintai lingkunganya sejak dini serta dapat memelihara keindahan lingkungan yang dimulai dari lingkungan sekitar.Kajian ini berkaitan dengan cinta lingkungan yang dilakukan di kalangan anak usia dini dengan melakukan menanam pohon atau tanaman di lingkungan, merawat tanaman setiap hari, menghemat penggunaan kertas, dan membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi bencana alam, pencemaran lingkungan dan timbulnya berbagai penyakit. Dengan adanya program pendidikan karakter cinta lingkungan pada anak usia dini dapat memperkuat dan meningkatkan kesadaran anak bahwa lingkungan bersih dan indah dapat meningkatkan kenyamanan dalam melakukan aktifitasnya maka Hubungan interaksi antara manusia dengan lingkungannya merupakan proses yang saling mempengaruhi. Fungsi lingkungan alam yang secara terus menerus mengalami kerusakan yang berkepanjangan dan terus menerus memberikan dampak negatif bagi kelangsungan hidup makhluk hidup termasuk manusia, maka lingkungan dijadikan sebagai objek kegiatan dengan menggunakan botol karena semakin besar jumlah limbah botol maka semakin kerusakan lingkungan akan lebih banyak terjadi. Selain itu, limbah botol membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alami. Oleh karena itu mendaur ulang limbah botol menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi limbah botol. Kemudian hasil pembuatan kerajinan ini bisa dijadikan hiasan atau bisa menambah kreatifitas anak. Selain itu juga dijadikan Untuk pembelajaran khususnya dalam membiasakan anak untuk mencintai lingkungan dengan cara para Guru atau orang dewasa dapat mengupayakan tindakan bantuan pada anak yang masih belum dapat membiasakan diri mencintai lingkungan dengan melakukan hal-hal yang sederhana.

Kata kunci : anak usia dini, lingkungan, dan cinta.

References

Yati, Padmi. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Jurnal LenteraI. 28(1);123-139.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Harlistyarintica, Yora, dkk. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik. Jurnal Pendidikan Anak. 6(1);20-30

Fadlillah, M. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui PermainanPermainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Silahuddin. 2017. Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. 3(2);18-41

Sudarsana, I. K. (2018). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 1(1), 41–48.

Sumarmi, S. (2016). Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).

Surakusumah, W. (n.d.). Konsep Pendidikan Lingkungan di Sekolah: Model Uji Coba Sekolah Berwawasan Lingkungan. Pendidikan Biologi UPI, 1-29.

Jayawardana, H. (2016). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis .

Downloads

Published

2023-04-01