Kampanye Melek Digital untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pamulang yang Lebih Baik

Authors

  • Diki Ruspendi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Lisa Ayu Pratiwi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Melina Dwi Handayani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Mila Fitri Fauziah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Media Televisi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia,  banyak  sisi positif dan negative yang ditimbulkan dari media televise, bagaimana televisi memiliki kekuatan mampu mengubah tingkah laku manusia dalam kehidupannya, terlebih anak dibawah umur yang masih membutukan pendampingan dalam menonton tayangan televisi. Orang tua menjadi acuan anak-anak dalam membentuk kepribadian dini. Konsep Teori kultivasi gebner dalam McQuail (1991) bagaimana teori ini menggambarkan efek kekerasan media massa. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Dengan key informan dan informan adalah ketua yayasan asrama yatim dan dhu’afa ishlahul hayat 3. Hasil penelitian ini adalah anak-anak dipanti asuhan asrama yatim dan dhu’afa ishlahul hayat 3 belum memahami tentang literasi media, walaupun istilah literasi media pernah didengar namun tidak memahami yang dimaksud. Kesimpulan dan saran penelitian ini adalah pentingnya mengajak dan memberikan pemahaman bagi para anak-anak untuk melek media, karna orang dewasa yang paling dekat dengan para anak-anak dan mampu mengarahkan dengan baik bagaimana cara memilih tayangan yang baik untuk ditonton sehingga mampu memfilter dampak negative dari kehadiran televise dimasyarakat.

kata Kunci: Literasi Media, Televisi, ketua yayasan

References

Apriandi. (2013). Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, D. (2016). Wartawan Media Now Dalam Mengemas Berita. Jurnal Komunikasi Aspikom, 295-303.

Hidayat, D. K. (2017). Negoisasi Citra Budaya Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunikasi Aspikom, 157-172.

K., R. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Grafindo Persada.

McQuail, D. (1991). Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Shoemaker, P. (1996). Mediating The Message. USA: Longman Publisher Yin.

Sironga, I. C. (2022). Identifikasi Kendala Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Anak Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 573-580.

Wirasasmita, R. A. (2020). Edukasi Zero Watle Berbasis Empati (Menggunakan Teknologi Informasi Berbasis Android). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 33.

Published

2023-04-01