Penerapan Akuntansi Dalam Mengelola Keuangan Pada Usaha Home Industri Sepatu Deallova Shoes Di Pandeglang

Authors

  • Koharudin Koharudin Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Nufus Sumiati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Tati Haryati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Rahadian Amrullah Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

UMKM adalah sebuah kegiatan usaha dalam skala kecil dan menengah yang dilakukan oleh masyarakat dan menjadi salah satu roda penggerak perekonomian Negara. Di Rumah kemasan yang terletak di kecamatan kaduhejo kabupaten pandeglang terdapat sebuah UMKM pembuatan sepatu dengan nama Deallova Shoes, milik Bpk, H. Subandi. UMKM tersebut memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Pemilik UMKM Deallova Shoes, Bpk, H. Subandi merangkul masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengembangkan usaha pembuatan sepatu dengan merek dan design yang unik serta asli bua pemikiran pemiliknya. Hal tersebut sangat membantu dalam mendongkrak ekonomi dan juga berkontribusi menambah produktifitas masyarakat setempat. Namun, UMKM yang dijalankan bpk, H. Subandi beberapa kali mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan usahanya. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan akuntansi dan belum adanya sumberdaya yang mumpuni dalam pengelolaan keuangan. Hasil dari Kegiatan pengabadian ini yaitu untuk berbagi informasi mengenai akuntansi dan pengelolaan keuangan agar dapat meningkatkan pemahaman dan menerapkannya dalam UMKM. Sehingga diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM Home Industri Sepatu Dealova Shoes.

Kata Kunci: UMKM , Penerapan Akuntansi, Pengelolaan Keuangan

References

Kurniawati, E. P., Nugroho, P. I., & Arifin, C. (2012). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 10(2).

Ernawati, S., Asyikin, J., & Sari, O. (2016). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar Pada Usaha Kecil Menengah Di Kota Banjarmasin. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 6(2), 81-91.

Maya Aulia. Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Lokowaru Kota Malang. Jurnal Akuntansi

Muhammad Farhan, Agil Novriansa, Umi Kalsum dan Mukhtaruddin (2020). Pengenalan Akuntansi Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal of Sriwijaya Community Services, 1 (1): 47-54, 2020.

Yulianti, A.D., & Susyarini. N.P.W.A. (2017). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Penginapan BERTARAF Kecil. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13, 176-185.

Zuhdi, R. (2011). Makna Informasi Akuntansi Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis Usaha Kecil dan Mikro (UKM). Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2 (3), 446-458.

Rawun, Y., & Tumilaar, O.N. (2019). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM (Suatu Studi UMKM Pesisir di Kecamatan Malalayang Manado). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis. 12 (1), 57-66.

https://www.bantennews.co.id/rumah-kemasan-pandeglang-belum-berpengaruh-maksimal-majukan-umkm/

Downloads

Published

2023-03-20