Membangun Kembali Motivasi Sekolah Offline Di Era New Normal

Authors

  • Maya Tirta Anggraeni Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Farah Fairuzzain Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Farrel Arianata Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Nurul Aulifia Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Pengabdian masyarakat adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk merealisasikan ilmu yang terdapat dilingkungan kampus. Melihat setelah 2 tahun melewati kondisi yang cukup sulit karena pandemi covid-19 di Indonesia, motivasi anak sekolah turun akibat kondisi pandemi yang membuat pembelajaran dialihkan menjadi online atau daring. Tujuan pengabdian masyarakat perlunya membangun kembali motivasi dan kepercayaan diri anak dalam bersekolah. Metode pengabdian masyarakat adalah dengan menyusun rencana, berpkir positif, dan menumbuhkan semangat serta membangun kepercayaan diri penting untuk peningkatan semangat belajar. Hasil pengabdian adalah tumbuhnya motivasi anak-anak agar semangat bersekolah kembali di era new normal. Kesimpulan pentingnya membangun motivasi anak-anak agar dapat membangun kepercayaan diri dan belajar setelah era new normal; dan lingkup pendidikan disekolah perlu ditunjang dengan pemberian motivassi untuk anak-anak agar semangat belajar terus bertumbuh.

 

Kata Kunci: motivasi; sekolah; pandemi

References

Cahyani, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Pancasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 No.01, 123-140.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol.5. No. 2.

Fitriyani. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, Vol 6. No. 2.

Jandric, P. (2020). Postdigital Research in the time of Covid-19. Postdigital Science and Education, 2, 233-238.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aspiranda.(2015). Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unverstas Jambi.

Peters,M.A., et.all. (forthcoming 2020). China's Internasionalized higher education during covid-19: collective student autoethnography. ostdigital science and education.

Andriani Rike dan Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan manajemen Perkantoran. Vol. 4. No.1.

Downloads

Published

2023-03-20