Membangun Kreatifitas Dan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kreasi Fruit Sando Pada Pelajar Kota Depok

Authors

  • Dinda Aulya Azhari Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Astri Wulandari Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Dinda Puspita Khairunnisa Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Novita Sari Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Vivi Iswanti Nursyirwan Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang sangat berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia. Berdasarkan data BPS pada tahun 2022 pengangguran di Indonesia mencapai 5,86 persen. Sedangkan data pengusaha di Indonesia masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk. Dari data tersebut diketahui bahwa jumlah pengangguran lebih banyak dari jumlah pengusaha, hal tersebut menyebabkan sulitnya lapangan pekerjaan sehingga menjadi tantangan untuk dapat meningkatkan jumlah pengusaha sehingga dapat meminimalisir pengangguran. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukannya pelatihan kegiatan kewirausahaan sejak dini yang ditujukan bagi siswa-siswi Yayasan Al-Kamilah untuk mempersiapkan kehidupan yang mandiri serta meminimalisir pengangguran yang ada dengan penciptaan lapangan kerja. Kegiatan dilakukan dengan praktik pembuatan produk kreatif fruit sando dan penyampaian materi tentang pentingnya berwirausaha, sehingga siswa-siswi Yayasan Al-Kamilah mempunyai jiwa berwirausaha, kreatifitas dan memiliki keterampilan untuk menghasilkan produk yang kreatif. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang telah dilaksanakan di Yayasan Al-Kamilah, kegiatan ini berjalan dengan efektif dan memberikan maanfaat serta pengetahuan bagi para peserta. Melalui penyampaian materi mengenai kewirausahaan dan praktik pembuatan produk kreasi Fruit sando sebagai pengembangan kreatifitas pada siswa-siswi Yayasan Al-Kamilah, kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi serta meningkatkan kreatifitas dalam berwirausaha.

 

Kata Kunci: wirausaha, kreatifitas, produk kreatif

References

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.

Hayati, J. (2019). Membangun Motivasi Dan Kreativitas Berwirausaha Sejak Dini Pada Anak-Anak TPA Masjid Baitul Makmur. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 223–228.

Hidayat, Surga Fariyanto Rah’mat; Kusmawati Reva; Yuliyanti, N. Y. N. V. I. (2021). Meningkatkan Minat Anak Dalam Mengelola Uang Saku Saat New Normal Melalui Kreasi Unik Dari Botol Plastik. Dedikasi.

Kamilah, R. F., & Trihantoyo, S. (2019). Implementasi Program Business Day dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan di SD Al Hikmah Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 2–11. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28879

Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 501–510.

Ngalimun, F. H., & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogjakarta: Aswaja Pressido.

Nursyirwan, V. I., Purwana, D., Suhud, U., Harahap, I. L. P., & Valentika, N. (2022). Entrepreneurial Intention Among Students: The Effect of Self-efficacy and Entrepreneurial Attitude. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 10(2), 193–205.

Pelipa, E. D., & Anna Marganingsih. (2017). Membangun Jiwa Wirausahawan (Entrepreneurship) Menjadi Mahasiswa Pengusaha (Entrepreneur Student) Sebagai Modal Untuk Menjadi Pelaku Usaha Baru. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 194–205. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/901/720

Prasetyaningsih, A. (2016). Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan “Market Day.†SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(2), 88–102.

Prayoga, R. W., & Fadjar, N. S. (2021). Determinan Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 10(1), hlm. 2.

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42.

Downloads

Published

2023-03-20